EDUKASI PEMBERIAN ANTIBIOTIK SECARA TEPAT DI KELURAHAN PUSKESMAS GAMBESI KOTA TERNATE

Fera The, Marhaeni Hasan

Sari


Antibiotik adalah salah satu jenis obat yang kerap kali digunakan masyarakat dalam pengobatan
sendiri. Pemakaian yang tidak didasari pengetahuan dan dosis yang tepat dapat menimbulkan efek yang
membahayakan tubuh. Penyalahgunaan antibiotik dalam swamedikasi terjadi karena rendahnya
pengetahuan dan pemahaman masyarakat terhadap bahaya penggunaan antibiotik dan pentingnya
menggunakan antibiotik dengan benar. Oleh karena itu, sangat diperlukan edukasi terhadap masyarakat
tentang penggunaan antibiotik secara bijak. Pelaksanaan edukasi penggunaan obat antibiotik secara
rasional atau tepat dilakukan di salah satu area pelayanan Puskesmas Gambesi yaitu Kelurahan
Gambesi. Kegiatan ini diikuti oleh 60 orang yang terdiri dari masyarakat di area pelayanan puskesmas
Gambesi. Hasil kegiatan didapatkan peningkatan pengetahuan terhadap antibiotik pada masyarakt
kelurahan Gambesi.

Teks Lengkap:

22-29 PDF

Referensi


Badan POM RI. 2004. Info POM. Jakarta: Badan Pengawas Obat dan Makanan Republik

Indonesia

Permenkes RI. 2011. Pedoman Umum Penggunaan Antibiotik. Jakarta: Kementerian Kesehatan

Republik Indonesia.

Putra IB. Prinsip Pemakaian Antimikroba pada Bayi dan Anak. Medan. USU e-Repository

[internet]. 2008 [Cited 2014 Okt 18]. Available from:

http://repository.usu.ac.id/bitstream/ 123456789/3418/1/08E00607.pdf 3.

Sulastrianah, Badaruddin F, Massi N. 2011. Rasionalitas penggunaan Antibiotik di RSUP Dr.

Wahidin Sudirohusodo [tesis]. Makassar: Universitas Hasanudin

Widayati, A., dkk. 2012. Knowledge and Beliefs about Antibiotics among People in Yogyakarta

City Indonesia: A Cross Sectional Population-Based Survey. Antimicroba Resist Infect

Control Vol. 1 (1): 38.




DOI: https://doi.org/10.33387/pekan.v1i1.4766

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Editorial Office:Fakultas Kedokteran, Universitas Khairun | Jl. Jusuf Abdulrahman Kotak Pos 53 Gambesi, Kota Ternate, Indonesia
 Creative Commons License This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.