SOSIALISASI KESEHATAN REPRODUKSI DI SMAN 1 TERNATE

Dewi Darmayanti, Liasari Armaijin

Sari


Kesehatan Reproduksi Remaja merupakan hal yang perlu diberi perhatian lebih lanjut, hal ini merupakan hal yang penting karena semua hal akan berbeda antara fase anak-anak dan fase remaja. Pada fase remaja banyak hal yang akan berubah mulai dari fisik hingga perilaku serta sifat dari remaja itu sendiri. Pubertas merupakan salah satu periode pematangan seksual yang akan dialami oleh sebagian besar remaja dengan hasil akhir adanya perkembangan kemampuan seksual. Kegiatan akan dilaksanakan pada hari Jumat, 5 Agustus 2022, pada pukul 09.00 WIT sampai selesai, di SMAN 1 Ternate, Maluku Utara. Kegiatan di awali dengan pre test untuk menilai pengetahuan siswa akan pentingnya kesehatan reproduksi. Kemudian, hasil pre test ini akan dibandingkan dengan hasil post test yang akan dilaksanakan setelah penyampaian sosialisasi kesehatan reproduksi. Hasil dan pembahasan dari kegiatan ini adalah pengetahuan dan wawasan siswa tentang kesehatan reproduksi meningkat setelah dilaksanakannya sosialisasi ini yang dibuktikan dengan penurunan grafik ketidaktahuan siswa pada pre test dan terjadi peningkatan grafik pada post test. Dapat disimpulkan bahwa sosialisasi kesehatan reproduksi meningkatkan pengetahuan siswa terkait hal tersebut dan dapat berbanding lurus dengan tingkat kesehatan siswa, dan beberapa manfaat lainnya.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Rohan hasdianah hasan, Siyoto S. Buku Ajar Kesehatan Reproduksi. Published online 2013:1- 84.

Tndriyani D. Buku Ajar Keperawatan Maternitas. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media, 2014. 49. Mason-Jones AJ, Mathews C, Flisher AJ. Can peer education make a difference? Evaluation of a South African adolescent peer education program to promote sexual and reproductive health. AIDS Behav 2011; 15: 1605-1611.

Saputro Z khamim. Memahami Ciri dan Tugas Perkembangan Masa Remaja. J Apl Ilmu Ilmu Agama 2017; Volume 17: 25-32.

BKKBN. Survei Demografi Dan Kesehatan: esehatan Reproduksi Remaja 2017. Badan kependud dan Kel Berencana Nas 2017; 1-606.

Vulandari A. Karakteristik Pertumbuhan Perkembangan Remaja dan Implikasinya Terhadap Mesalah Kesehatan dan Keperawatannya. J Keperawatan Anak 2014; 2: 39-43.

Fuslitbang Upaya Kesehatan Masyarakat. Perilaku Perisiko Kesehatan pada Pelajar SMP dan SMA di Indonesia. Badan Litbangkes Kementrian Kesehat RI 2015; 1-116.




DOI: https://doi.org/10.33387/pekan.v1i2.5730

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Editorial Office:Fakultas Kedokteran, Universitas Khairun | Jl. Jusuf Abdulrahman Kotak Pos 53 Gambesi, Kota Ternate, Indonesia
 Creative Commons License This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.