Edukasi Perilaku Hidup Bersih dan Sehat pada Santri Pondok Pesantren Al-Quran Babussalam Al-Muchtariyah Cabang Kepulauan Selayar

Abulkhair Abdullah, Mutmainnah Mutmainnah

Sari


Santri Pondok Pesantren Al-Quran Babussalam Al-Muchtariyah Cabang Kepulauan Selayar belum pernah mendapatkan edukasi tentang Perilaku Hidup Bersih dan Sehat. Di lingkungan pesantren sudah ada Poskestren (Pos Kesehatan Pesantren) tetapi belum berjalan dengan maksimal. Kegiatan PKM ini bertujuan untuk memberikan edukasi kepada santri betapa pentingnya menjaga kesehatan dimulai dari diri sendiri dengan menerapkan PHBS (Perilaku Hidup Bersih dan Sehat). Tahapan dalam pelaksanaan kegiatan ini terdiri dari penentuan lokasi kegiatan, observasi lokasi kegiatan, perencanaan program, penyusunan materi, dan pelaksanaan kegiatan. Metode yang digunakan dalam penyuluhan adalah ceramah dan diskusi. Santri sangat antusias dan aktif selama mengikuti penyuluhan. Kegiatan penyuluhan kesehatan lainnya perlu untuk dilaksanakan secara rutin untuk meningkatkan kesadaran santri tentang pentingnya menjaga kesehatan di samping fokus dalam pendidikan.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Putri, Y. A. K. D., & Kusreni, S. (2017). Analisis Pengaruh Tingkat Kesehatan, Tingkat Pendidikan, dan Upah terhadap Produktivitas Tenaga Kerja di Indonesia. Jurnal Ilmu Ekonomi Dan Pembangunan, 17(2), 67–77.

Karimah, U. (2018). Pondok Pesantren dan Pendidikan Relevansinya dalam Tujuan Pendidikan. Misykat, 3(1), 137–154.

Hartono, B., Pramudho, K., Rauf, R., Setiaji, B., Gempari, R., Zuraida, & Ismoyowati. (2011). Pedoman Pembinaan Hidup Bersih dan Sehat (PHBS). Kementerian Kesehatan Republik Indonesia.

Nadliroh, K. A., Susanti, N., Gaffar, H. D., & Indrawan, D. (2021). Pesantren Sehat, Mewujudkan Pesantren dan Generasi Santri Sehat (Pertama). UIN Maliki Press.

Qoriah, R., Susanti, Haliza, I. N., & Hidayatullah, A. F. (2020). Pola Perilaku Hidup Sehat terhadap Kesejahteraan Santri Ma’had UIN Walisongo Semarang. Jurnal Kesehatan Masyarakat, 6(1), 13–22.

Saharuddin. (2018). Aktualisasi Budaya Organisasi pada Pondok Pesantren Alquran Babussalam Al-Muchtariyah Selayar dalam Perspektif Pendidikan Islam. UIN Alauddin Makassar.

Azizah, N., Rohmah, J., Mushlih, M., & Kusumawardani, P. A. (2020). PHBS Santri dan Aplikasi Poskestren Pondok Pesantren Al-Hamdaniyah Buduran Siwalan Panji Sidoarjo. Jurnal Pengabdian Masyarakat Dalam Kesehatan, 2(1), 22–25. https://doi.org/10.20473/jpmk.v2i1.19583

Kemsetneg RI. (2023). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 17 Tahun 2023 tentang Kesehatan.




DOI: https://doi.org/10.33387/pekan.v2i2.7276

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Editorial Office:Fakultas Kedokteran, Universitas Khairun | Jl. Jusuf Abdulrahman Kotak Pos 53 Gambesi, Kota Ternate, Indonesia
 Creative Commons License This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.