Teknik Perawatan Luka

Prita Aulia M. Selomo, Dewi Darmayanti, Utari Nurul Ridwan

Sari


Luka adalah terputusnya kontinuitas jaringan akibat substansi jaringan yang rusak atau hilang sehingga dapat menyebabkan kerusakan fungsi perlindungan kulit dan dapat disertai dengan kerusakan jaringan lain. Permasalahan yang timbul dari kurangnya pengetahuan tenaga kesehatan akan pentingnya teknik perawatan luka mendorong munculnya ide atau solusi untuk mencegah dan mengatasi hal tersebut. Salah satu solusinya adalah mengadakan penyuluhan kesehatan tentang teknik perawatan luka di instalasi perawatan bedah RSUD Dr H Chasan Boesoirie Ternate dengan harapan bahwa kegiatan ini akan memberikan dampak positif dan mampu menjadi solusi dari masalah penyembuhan luka pada pasien post operasi yang ada di Ternate, Maluku Utara. Pelaksanaan penyuluhan yang diadakan di instalasi perawatan bedah RSUD Dr H Chasan Boesoirie Ternate dengan keterlibatan anggota PROKAMI sebagai audiens. Audiens dikumpulkan dan dilakukan penyuluhan teknik perawatan luka secara aktif, pembagian pamflet dan diakhiri dengan proses tanya jawab seputar materi yang dipaparkan.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Elfiah.U., (2018). Konsep Perawatan Luka Terkini Di Bedah Plastik. Fakultas Kedokteran Universitas Jember.

Ronald W. Kartika. (2015). Perawatan Luka Kronis Dengan Modern Dressing. Bagian Bedah Jantung Paru Dan Pembuluh Darah. Wound Care/Diabetic Center.

Wintoko.R, Yadika.A.D. (2020). Manajemen Terkini Perawatan Luka. Fakultas Kedokteran Universitas Lampung. JK Unila. Vol 4. No.2




DOI: https://doi.org/10.33387/pekan.v3i1.8747

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.