PENDAMPINGAN BANK SAMPAH ONLINE DI KELURAHAN MAKASSAR TIMUR, KOTA TERNATE MENUJU SMART ENVIRONMENT

Abdul Mubarak, Firda Marasabessy, Vrita Tri Aryuni

Abstract


Program KKN/KUBERMAS-PPM ini bertujuan untuk menyelaraskan salah satu program kegiatan KUBERMAS Revolusi Mental yaitu Gerakan Bersih untuk dapat membangun kualitas manusia yang sadar sampah. Program pendampingan ini akan melibatkan warga setempat yang menjadi agen perubahan dalam pengelolaan lingkungan di Makassar Timur. Harapannya kelurahan Makassar Timur dapat meminimalkan dampak negatif dari sampah dengan membangunan sumberdaya manusia serta mengembangkan teknologi smart environment. Solusi yang diberikan untuk menyikapi permasalah adalah memberika pelatihan administrasi bank sampah berbasis teknologi informasi yang dapat terkoneksi dengan portal bank sampah nasional Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan. Kegiatan ini dilaksanakan dalam 4 rangkaian kegiatan, yakni persiapan, sosialisasi bank sampah, program penghijauan, dan pelatihan bank sampah. Pada pelaksanaan pengabdian masyarakat ini program penghijauan dan sosialisasi tentang sadar sampah berhasil dilakukan bekerjasama dengan mahasiswa KKN/Kubermas dan peran serta aparat Kelurahan Makassar Timur. Program pendampingan Bank Sampah berhasil dilakukaan mulai dari sosialisasi tentang Bank Sampah dengan masyarakat, pembentukan pengurus dan pelatihan operasional Bank Sampah baik secara manual maupun secara elektronik menggunakan aplikasi Bank Sampah Online.

 

Kata Kunci : bank sampah, teknologi informasi, aplikasi mobile

References


Al-Salem, S.M., P. Lettieri, J. Baeyens, 2009. Recycling and Recovey Routes of Plastic Solid Waste (PSW) : A Review. Waste Management Journal No 29.

Borja, J. Counterpoint. 2007. Intelligent cities and innovative cities. E-Journal on the

Knowledge Society. Vol. 5. Universitat Oberta de Catalunya (UOC). http://www.uoc.edu/uocpapers/5/dt/eng/mitchell.pdf. diakses 28 Desember 2016; 11:45:10 WIT.

Cointreau, S.J., 1982. Environmental Management of Urban Solid Wastes in Developing Countries. A Project Guide. The World Bank. Washington DC. http://siteresources.worldbank.org/INTUSWM/Resources/techpaper5.pdf Diakses 19 Desember 2016 ; 20:28:39 WIT.

Kadir, A., 2014. Pengantar Teknologi Informasi. Yogyakarta: Andi

Kementerian Lingkungan Hidup Republik Indonesia, 2012. Profil Bank Sampah Indonesia. Jakarta

____________ . 2012. Guideline of Reduce, Reuse and Recycle through Waste Bank No 13/2012. Jakarta.

___________ . 2012. Mobile banking new experience in the post PC era. Innovation Edge, April 2012 Edition, BBVA.

Muntazah, S. Dan I. Theresia, 2016. Pengelolaan Program Bank Sampah Sebagai Upaya Pemberdayaan Masyarakat di Bank Sampah Bintang Mangrove Kelurahan Gunung Anyar Tambak Kecamatan Gunung Anyar Surabaya. http://ejournal.unesa.ac.id/article/17085/14/article.pdf. Diakses 12 Desember 2016 ; pukul 15:33:57 WIT.

Sujata, J., Saksham, S., Tanvi, G., Shreya. 2016. Developing Smart Cities: An Integrated Framework. Procedia Computer Science 93. pp.902-909.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


e-ISSN: 2622-383X || PengaMAS Stats:

pengaMAS Indexing:

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License