PELATIHAN PEMODELAN DAN ANIMASI TEKNIK 3DS MAX UNTUK MAHASISWA FAKULTAS TEKNIK DALAM MENYONGSONG DUNIA KERJA

witono hardi, Utdin Furqon Amali

Abstract


Perkembangan Teknologi Informasi dan Komputer yang ditandai dengan berkembangnya dunia komputer grafis, baik perangkat keras maupun perangkat lunak, secara langsung telah mempengaruhi dunia keteknikan secara umum. Hampir semua bidang keteknikan tidak pernah lepas dari penggunaan komputer. Demikian juga dalam bidang pemodelan di dunia teknik yang semakin canggih dengan penggunaan komputer berspesifikasi tinggi yang menunjang proses produksi.

Penggunaan salah satu paket program 3 DS max sebagai salah satu media desain berbantuan computer (Computer Aided Desain) memberikan kemudahan bagi seorang sarjana teknik dalam menyampaikan ide dan kreasi berupa gambar 3 dimensi yang bisa dianimasikan agar masyarakat awam sekalipun faham dengan produk yang disampaikan.

Pengabdian masyarakat pemodelan 3 Dimensi dengan 3DS MAX ini telah dilakukan pada bulan Oktober-November 2018 dan diikuti para peserta dari mahasiswa di Fakultas Teknik Universitas Khairun. Beberapa mahasiswa sebelumnya telah mendapatkan pelatihan metode gambar yang lain seperti AutoCAD, sebagian yang lain belum pernah sama sekali mendapatkan pelatihan. Pada akhir pelatihan dilakukan evaluasi untuk mengetahui perkembangan kemampuannya selama melakukan pelatihan. Beberapa kendala yang timbul adalah spesifikasi komputer yang dipakai mahasiswa kurang memenuhi kebutuhan pemodelan khususnya pada animasi 3 dimensi dan rendering yang melibatkan material yang komplek. Namun demikian pada prinsipnya dasar-dasar pemodelan 3 D telah tersampaikan dengan baik.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


e-ISSN: 2622-383X || PengaMAS Stats:

pengaMAS Indexing:

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License