BIMBINGAN TEKNIS BETERNAK KAMBING INTENSIF UNTUK MENINGKATKAN PRODUKTIVITAS KELOMPOK PETERNAK DI KECAMATAN KONDA

Harapin Hafid, Nuraini Nuraini, La Ode Ba’a, La Malesi, Siti Hadrayanti Ananda

Abstract


Usaha peternakan di Sulawesi Tenggara secara umum masih dikelola secara tradisional sehingga belum memberikan hasil yang memuaskan. Kendala-kendala yang dihadapi para kelompok terkait dengan rendahnya rendahnya kuantitas, kualitas dan kuantitas  pakan pertambahan bobot badan yang rendah, kelahiran tunggal dan banyak kejadian penyakit kudis. Solusi dari permasalahan dengan memberikan bimbingan teknis beternak kambing secara intensif berupa pemberian pengetahuan kepada kelompok peternak di kecamatan Konda. Metode yang digunakan berupa metode learning by doing dengan melakukan penyuluhan, bimbingan teknis dan pendampingan. Materi yang diajarkan berupa manajemen perbibitan, pemeliharaan, produksi, manajemen pengembangbiakan dan kawin buatan, sistem perkandangan biosekuriti dan kesehatan ternak, serta pengenalan hijauan makanan ternak unggul, penyusunan konsentrat dan pembuatan kompos Luaran program pengabdian masyarakat ini 1) Masyarakat mendapat pengetahuan dan keterampilan yang lebih baik tentang cara beternak kambing yang intensif, 2) Berkembangnya konsep usaha agribisnis terpadu antara bidang peternakan dengan pertanian dan perkebuanan. 3) Dengan meningkatnya pemahaman dan pengetahuan peternak maka kesejahteraan kelompok akan peningkatan, 4) Dengan menggalakkan usaha peternakan kambing akan mencegah dampak sosial berupa pengangguran, bahkan menciptakan peluang atau lapangan kerja, 5). Terjadi penguatan kelompok sehingga akan berdampak pada terciptanya kawasan agribisnis peternakan kambing. Hasil yang telah dicapat berdasarkan pada pengamatan indikator yaitu meningkatnya keternampilan dan pengetahuan peternak terkait cara beternak kambing yang intensif dan diharapkan akan memberi kegairahan beternak sehingga dapat meningkatkan produktivitas kelompok peternakan.

References


Adawiah dan H. Hafid. 2000. Tinjauan aspek fisiologis ternak kambing pada suhu lingkungan tinggi. Warta Wiptek. Volume Juni 2000. ISSN No. 0854-0667.

BPS Kabupaten Konawe Selatan, 2014. Sensus Pertanian Kabupaten Konawe Selatan 2013. Badan Pusat Statistik Kabupaten Konawe Selatan.

BPS Kabupaten Konawe Selatan, 2017a. Kecamatan Konda Dalam Angka Konda 2017. Badan Pusat Statistik Kabupaten Konawe Selatan.

BPS Kabupaten Konawe Selatan, 2017b. https://konselkab.bps.go.id/dynamictable /2018/05/23/94 /populasi-ternak-menurut-jenis-dan-kecamatan-di-kabupaten-konawe-selatan-2016.html.

Cahyono. B., 2008. Beternak Domba dan Kambing: Cara Meningkatkan Bobot dan Analisis Kelayakan Usaha. Kanisius. Jakarta.

Devendra, C., dan M. Burns. 2004. Produksi Kambing di Daerah Tropis. ITB Bandung. Bandung.

Hardjopranjoto. S., 2005. Ilmu Kemajiran Pada Ternak . University Press. Surabaya.

Hafid H, D Agustina, NS Asminaya, & R Aka. 2014. Peningkatan sampah sayuran pasar dalam rangka peningkatan produktivitas kambing lokal: penerapannya di wilayah pesisir sulawesi tenggara. Prosiding Seminar Nasional Memantapkan Indonesia Sebagai Negara Maritim Tangguh. Unhalu Press. Kendari. Halaman 305-311.

Hafid H., Rahman, L.Ida, M.A.Pagala, & N.S.Asminaya. 2018. Pertumbuhan kambing kacang jantan dan betina muda yang diberi dengan pakan daun bakau pada sistem pemeliharaan tradisional. Prosiding Seminar Nasional Inovasi Teknologi Peternakan dalam Mendukung Terwujudnya Ketahanan Pangan Nasional. Fakultas Peternakan Universitas Halu Oleo. Kendari. Halaman 222-231.

Kartadisastra. H.R., 2007. Penyediaan dan Pengelolaan Pakan Ternak Ruminansia. (Sapi, Kerbau, Domba dan Kambing). Kanisius. Jakarta.

Murtidjo, B.A., 2003. Beternak Kambing. Penebar Swadaya. Jakarta.

Parakkasi. A., 2009. Ilmu Nutrisi dan Makanan Ternak Ruminansia. Universitas Indonesia. Jakarta.

Patriani, P., H. Hafid, Hasnudi, dan R.E. Mirwandhono. 2019. Klimatologi dan Lingkungan Ternak. USU Press, Medan.

Sarwono., 2003. Beternak Kambing Unggul. Penebar Swadaya. Jakarta.

Toelihere, M.R. 2001. Fisiologi Reproduksi Ternak. Penerbit Angkasa, Bandung.




DOI: http://dx.doi.org/10.33387/pengamas.v2i2.1359

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


e-ISSN: 2622-383X || PengaMAS Stats:

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License