PENTINGNYA MENINGKATKAN HOTS DAN AQ SISWA GUNA MEMPERSIAPKAN SISWA MENGHADAPI ERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0 BAGI GURU SMKs AL-AKHYAR WONOKUSUMO BONDOWOSO

Fitriana Eka Chandra, Fury Styo Siskawati, Hikmatul Lutfiah

Abstract


Mitra dalam kegiatan PKM ini adalah SMKs Al-Akhyar Wonokusumo Bondowoso. Permasalahan mitra diantaranya adalah 1) pembelajaran mata pelajaran teoristik yang kurang bermakna, 2) pembelajaran mata pelajaran teoristik yang hanya menekankan pada penyampaian kemampuan procedural, seperti penyampaian informasi, definisi, dan contoh soal beserta penyelesaiannya, 3) banyaknya siswa yang kurang perhatian dalam pembelajaran di kelas, 4)minimnya pengetahuan guru tentang pentingnya meningkatkan HOTS dan AQ siswa dalam menghadapi era REVOLUSI INDUSTRI 4.0, 5) rendahnya HOTS dan AQ siswa 6) kurangkan kemampuan guru dalam membuat soal kontekstual berbasis HOTS yan g menantang siswa. Solusi yang ditawarkan dalam kegiatan PKM ini adalah pelatihan pentingnya meningkatkan HOTS dan AQ siswa dalam menghadapi REVOLUSI INDUSTRI 4.0 bagi guru-guru SMKs Al-Akhyar Wonokusumo.

Pelaksanaan kegiatan           pelatihan ini berjalan lancar dan tampak bahwa para peserta sangat antusias untuk mengikuti kegiatan ini. Semua guru SMKs Al-Akhyar yang berjumlah 25 orang hadir dalam acara ini, dan banyak melakukan tanya jawab selama kegiatan berlangsung. Hasil yang diperoleh adalah tambahan wawasan dan motivasi bagi para guru untuk dapat menaruh perhatian lebih pada HOTS dan AQ siswa dalam melaksanaan pembelajaran di kelas serta meningkatnya keterampilan guru dalam membuat soal kontekstual berbasis HOTS yang menantang siswa.

References


Usman, Fajar. 2016. Masyarakat Ekonomi ASEAN (REVOLUSI INDUSTRI 4.0) dan Daya Saing Investasi Indonesia. Jurnal Lingkar Widyaiswara Edisi 3 No.1, Jan-Mar 2016, p 33-36

Maharani, Anggita. 2015. Psikologi Pembeljaran Matematika di SMK untuk Mendukung IMPLEMENTASI Kurikulum 2013. Jurnal Euclid, Vol.1, N0.2

Soedjadi. 2000. Kiat Pendidikan Matematika di Indonesia. Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi.

Lewy, Zulkardi, & Aisyah, N. (2009). Pengembangan soal untuk mengukur kemampuan berpikir tingkat tinggi pokok bahasan barisan dan deret bilangan di kelas IX akselerasi SMP Xaverius Maria Palembang. Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2). Retrieved from http://ejournal.unsri.ac.id/index.php/jpm/article/view/326/89

Agustyaningrum, Nina. 2015. Mengembangkan Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi dalam Pembelajaran Matematika SMP. Jurnal Phytagoras Vol. 4, No. 1.

Stoltz G. Paul. 2005. Adversity Quotient (Alih Bahasa: T. Hermaya). Jakarta: Grasindo.

Leonard &Amanah. 2014. Pengaruh Adversity Quotient (AQ) dan Kemampuan Berpikir Kritis tterhadap Prestasi Belajar Matematika. Jurnal Perspektif Ilmu Pendidikan Vl. 28 No. 1.

Brodjonegoro, Satryo Soemantri. 2018. Kecakapan Era 4.0. Akademi Ilmu Pengetahuan Indonesia: Jakarta




DOI: https://doi.org/10.33387/pengamas.v2i2.1440

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


e-ISSN: 2622-383X || PengaMAS Stats:

pengaMAS Indexing:

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License