PEMANFAATAN PUPUK ORGANIK BERBASIS KOTORAN TERNAK SAPI UNTUK PENINGKATAN PRODUKSI SAYUR ORGANIK DI DESA BARATAKU KECAMATAN GALELA KABUPATEN HALMAHERA UTARA

Fauziah Nurhamidin, Rahmania Sadek, Yusri Sapsuha

Sari


Desa Barataku Kecamatan Galela secara geografis terletak dibagian Utara Ibu Kota Kabupaten Halmahera Utara dan merupakan wilayah potensial sentra pengembangan komoditas pertanian dan peternakan. Jarak tempuh Desa Barataku Kecamatan Galela dengan Ibu Kota Kabupaten ±15 km, dan berjarak sekitar 130 km dari Kampus Universitas Muhamadiayah Maluku Utara di Kota Ternate. Mata pencaharian masyarakatnya selain beternak sapi bali adalah bertani palawija dan hortikultura yang mempunyai beberapa kelompok tani-ternak. Masing-masing kelompok tani-ternak ini beranggotakan 10-15 orang yang bergerak di bidang usaha pertanian dan peternakan. Selain kondisi topografi, keadaan iklim juga sangat mendukung daerah ini untuk pengembangan berbagai komoditi pertanian dan peternakan sapi potong. Kegiatan PKM ini merupakan kegiatan kolaborasi tim PKM Universitas Muhammadiyah Maluku Utara dan Universitas Khairun dengan mitra yaitu kelompok tani ternak Mamuya di Desa Barataku Kecamatan Galela Kabupaten Halmahera Utara. Salah satu masalah yang disepakati untuk diselesaikan melalui program PKM ini adalah dibidang peternakan yaitu memberikan penyuluhan dan pengetahuan tentang pembuatan pupuk organik dari limbah pertanian dan peternakan. Target dan luaran dari kegiatan penyuluhan dan pelatihan pembuatan pupuk organik adalah kelompok mitra memahami cara pembuatan pupuk organic serta mengaplikasikannya pada tamanan sayur. Untuk mengetahui peningkatan pemahaman kelompok peternak mitra, dirancang suatu evaluasi yang dilakukan di awal (pre test) dan akhir  kegiatan (post test). Hasil kegiatan PKM berupa penyuluhan dan pelatihan dapat meningkatkan secara nyata pengetahuan anggota mitra terhadap pengetahuan tentang  pembuatan pupuk organik dan penggunaannya pada tanaman sayur.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Hadisumitro, L. M., 2009. Membuat Kompos. Penebar Swadaya. Jakarta.

Sapsuha, Y dan Utami, S. 2014. Panduan Praktikum : Bahan Pakan dan Formulasi Ransum. Program studi Peternakan Universitas Khairun. Ternate.

Winarso, S. 2005. Kesuburan Tanah Dasar Kesehatan dan Kualitas Tanah. Yogyakarta: Gava Media.

Yuwono, N. W. 2000. Pupuk dan Kesuburan Tanah. Jurusan Tanah Fakultas Pertanian Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta. Tidak Diterbitkan.




DOI: http://dx.doi.org/10.33387/pengamas.v2i2.1441

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


 

E-ISSN : 2622-383X || Pengamas Stats:



Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License