PENGANEKARAGAMAN PRODUK OLAHAN USUS SEBAGAI PENANGGULANGAN LIMBAH PRODUKSI BAKSO PADA KELOMPOK BAKSO INDONESIA DI KECAMATAN BARUGA KOTA KENDARI

Andi Marlina Tasse, Fitrianingsih Fitrianingsih, Dedem Sutopo

Abstract


Kelompok Bakso Indonesia merupakan kelompok usaha yang dibentuk pada tahun 2014 di kecamatan Baruga Kota Kendari yang saat ini beranggotakan 15 orang. Jenis usaha yang dijalankan adalah usaha produksi bakso ayam yang terintegrasi dengan warung bakso. Dalam proses produksinya, bahan baku yang digunakan  adalah ayam hidup guna menjamin ketersediaan dan kesegaran daging ayam yang digunakan. Akan tetapi dalam proses ini menghasilkan limbah padat terutama jeroan yang tidak biasa dimanfaatkan diantaranya usus ayam yang berpotensi menimbulkan pencemaran lingkungan. Dengan adanya kegiatan Program Kemitraan Masyarakat (PKM) ini, tim pelaksana kegiatan akan berperan serta aktif dalam membantu meningkatkan pemahanan dan keterampilan masyarakat mengenai pemanfaatan limbah limbah usus ayam menjadi beraneka macam jenis olahan melalui penyuluhan, bimbingan teknis, serta demonstrasi plot (demplot).  Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat dapat diterima dengan baik oleh para peserta. Melalui kegiatan PKM, para peserta merasa terbantu dalam menangani permasalahan limbah yang ditimbulkan dari proses produksi bakso yang selama ini dapat menjadi sumber pencemaran di lingkungan tempat produksi bakso. Dengan teknologi sederhana yang mudah diaplikasikan, para peserta mampu mengolah usus ayam menjadi bakso, nugget, dan usus ayam sehingga diharapkan dapat membantu meningkatkan kesejahteraan hidup para peserta.

References


Baihaki, M. Ramadhanti, Resta, N. K. Sari, I. M. Areopagus. 2010. Pemanfaatan Usus Ayam sebagai Upaya PemulihanTerhadap Akibat Flu Burung.Jurusan Peternakan, Politeknik Negeri Lampung.Lampung.

BPS Kecamatan Baruga, 2014. Kecamatan Baruga dalam Angka. Badan Pusat Statistik, Baruga.

Owens, C. M. 2001.Coated Poultry Products. Didalam: Sam, A. R. Poultry MeatProcessing. CRC Press. London.

Susetyarsih. 2012. Kemasan Produk Ditinjau dari Bahan Kemasan dan Pelabelan pada Kemasan Pengaruhnya terhadap Keputusan Pembelian Produk Minuman Mizone di Kota Semarang. Jurnal STIE Semarang. Vol. 4, No3, Edisis Oktober (ISSN: 2252- 7826)

Tabinda, A. B., R. Ghazala, A. Yasar, and M. Ashraf. 2013. Utilization OF Chicken Intestine as an Alternative Protein Source in the Diet For Fingerlings Of Cirrhinus Mirigala. The Journal of Animal & Plant Sciences, 23(6): 1603-1608.




DOI: http://dx.doi.org/10.33387/pengamas.v2i2.1458

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


e-ISSN: 2622-383X || PengaMAS Stats:

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License