PENYEDIAAN MCK DARURAT DI KAMP PENGUNGSI BERBASIS MASYARAKAT

Lita Asyiriati Latif, Endah Harisun

Abstract


Bencana alam gempa bumi dengan 7,2 pada skala Richter yang melanda Kabupaten Halmahera Selatan sangat berdampak besar pada rusaknya rumah penduduk maupun fasilitas umum dihampir seluruh desa yang terkena dampak gempa bumi. Desa Tawa yang merupakan salah satu desa yang terkena dampak sangat parah akibat bencana gempa tersebut. Melalui gerakan Fakultas Teknik peduli korban bencana Halmahera Selatan dan kegiatan program Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) Fakultas Teknik tahun 2019, Fakultas Teknik mencoba membantu masyarakat Halmahera Selatan khususnya masyarakat desa Tawa dalam membangun sarana dan prasaran desa tersebut. Salah satunya adalah penyediaan MCK darurat di kamp pengungsi yang berbasis masyarakat. Berdasarkan pantauan langsung di lapangan, kebutuhan akan sarana Mandi, Cuci, Kakus (MCK ) darurat sangat diperlukan masyarakat desa Tawa. Pendekatan yang dilakukakan dalam kegiatan pengabdian ini adalah dengan cara memberikan bantuan material berupa seng, kloset, perlengkapan pertukangan serta melakukan pendampingan dalam pembuatan MCK darurat. Dengan ketersediaan KMC darurat dapat membantu masyarakat pengungsi dalam beraktivitas dan terhindar dari berbaga penyakit yang diakibatkan oleh sanitasi yang buruk seperti penyakit diare, kolera dan demam.

References


Dr. Ir. M Basuki Hadimoeljono, Ms. (2016). Mandi Cuci Kakus Berbahan Daur Ulang. Buku Panduan, 1–61.

Endah Harisun, U. R. A. (2017). PERANCANGAN BANGUNAN MIXED USE BUILDING DENGAN PENDEKATAN GREEN BUILDING DI TERNATE. Archipelascape, 3, 23–28.

Harisun, E. (2018). Folajikusesurabi Traditional House. 1(Icst), 364–371.

Kesos, B. (2013). Peran Nurani Astra dalam Penanganan Korban Bencana Alam The Role of. (1), 197–206.

Nadeak, E. (2016). Strategi Kelangsungan Hidup Rumah Tangga Korban Erupsi Gunung Sinabung Di Kabupaten Karo Provinsi Sumatera Utara. Jurnal Ilmu Administrasi Publik, 4(2), 162–174.

Rusmiyati, C., & Hikmawati, E. (2012). PENANGANAN DAMPAK SOSIAL PSIKOLOGIS KORBAN BENCANA MERAPI (Sosial Impact of Psychological Treatment Merapi Disaster Victims). 17(02), 97–110.

Conway, P.L. and X. Wang. 2000. Specifically targeted probiotic can reduce antibiotic usage in animal production. Asian-Aus. J. Anim. Sci. 13. Supp: 358 – 361.




DOI: https://doi.org/10.33387/pengamas.v3i1.1497

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


e-ISSN: 2622-383X || PengaMAS Stats:

pengaMAS Indexing:

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License