PROGRAM PELATIHAN DAN PENDAMPINGAN KEMAMPUAN MEMBACA PADA SISWA USIA SEKOLAH DASAR (SD) KELAS 1 (Studi Gampong Jrat Manyang Kecamatan Tanah Pasir Kabupaten Aceh Utara)

Ismaulina Ismaulina Ismaulina

Abstract


Tujuan pelatihan dan pendampingan kemampuan membaca pada anak usia sekolah dasar kelas 1 Gampong Jrat Manyang adalah untuk meningkatkan motivasi dan minat membaca karena para peserta didik pada umumnya kemampuan membacanya sangatlah rendah, hal ini terjadi karena para peserta didik kurang tertarik dengan kegiatan membaca. Pelatihan dan pendampingan kemampuan membaca dilakukan dengan suatu model permaikan kata, kartu bergambar, maze kata, puzzle dan lainnya. Permainan ini mampu menambah kemampuan mambaca anak usia sekolah dasar kelas 1 Gampong Jrat Manyang. Untuk itu perlu dipersipkan media pembelajaran yang aktif, kreatif dan menyenangkan dan juga menambah jenis permainan dalam meningkatkan kemampuan membaca.  

References


Arikunto, S. 2002. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Depdiknas.2000. Metode pengembangan kemampuan berbahasa. Bandung.

Farida, Rahim. 2007. Pengajaran Membaca di Sekolah Dasar. Jakarta : Bumi Aksara.

Maleong, J. Lexy. 2004. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Mulyono, Abdurrahman. 2003. Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta : PT. Rineka Cipta

Sudono Anggani. 2000. Sumber belajar dan alat permainan untuk pendidikan anak usia dini. Jakarta: Grasindo.




DOI: http://dx.doi.org/10.33387/pengamas.v3i2.1593

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


e-ISSN: 2622-383X || PengaMAS Stats:

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License