PELATIHAN MODEL PEMBELAJARAN JARAK JAUH BERBASIS MOODLE SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN

Selly Marlina, Dian Mayasari, Ranta Butarbutar

Abstract


Penggunaan e-learning diyakini dapat mengatasi keterbatasan perkuliahan di kelas dan  menyediakan  layanan belajar yang dapat diakses darimana saja dan kapan saja.  Kegiatan  pelatihan  ini  diharapkan  dapat meningkatkan  keterampilan  pendidik  dalam  menggunakan  e-learning.  Pelatihan  ini dilaksanakan  selama  satu  hari  di  melalui aplikasi webex dan didampingi oleh Gelora jatim . Kegiatan dilaksanakan dalam  bentuk  simulasi,  latihan,  dan  pemecahan  masalah.  Materi  pelatihan  adalah pedoman  penggunaan  e-learning  berbasis  Moodle  untuk  dosen,  yang  terdiri  dari pengaturan  mata  kuliah,  penambahan  sumber  belajar,  membuat  grup,  memantau progress  belajar  mahasiswa,  dan  penggunaan  fitur  forum,  chatting,  penugasan,  kuis, dan  laporan  nilai.  Kegiatan  pelatihan  dapat  dikatakan  berhasil  berdasarkan kemampuan peserta dalam memperagakan materi dan dibuktikan dengan hasil karya mereka  pada  laman  e-learning.  Peserta  merasa  pelatihan  ini  penting  karena  dapat meningkatkan keterampilan mereka dalam mengelola pembelajaran melalui e-learning

References


Batubara, H. H. 2016. Penggunaan Google Form Sebagai Alat Penilaian Kinerja Dosen Di Prodi Pgmi Uniska

Muhammad Arsyad Al Banjari. Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 8 (1).

https://www.google.com/intl/id/forms/about/

Butarbutar, R., Uspayanti, R., Bawawa, M., Leba, S. M. R. 2020. Mobile Assisted Language Learning. In 3rd

International Conference on Social Sciences (ICSS 2020) (pp. 390-392). Atlantis Press.

Hamidi, A. L., Sriyanto, A., Warto, Fakthurrozi, Suprisdiantoko. (n.d.). Panduan E-Learning.

Muin, A., & Ulfah, M. R. 2012. Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswadengan Pembelajaran Menggunakan Aplikasi moodle.

Pythagoras, 7(1). https://doi.org/10.21831/pg.v7i1.2838

Siswa, LoginSurjono, H. D. 2016. Panduan penggunaan moodle untuk guru SMK Sulawesi Selatan (M. Irhas(ed.); Cetakan Pe). Pt Ebimbel Indonesia.

Surjono, H. D. 2013. Membangun Course E-Learning Berbasis Moodle Herman Dwi Surjono. Membangun Course E-Learning Berbasis Moodle, 1–196




DOI: http://dx.doi.org/10.33387/pengamas.v3i2.1816

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


e-ISSN: 2622-383X || PengaMAS Stats:

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License