Pengembangan Aneka Produk dan Olahan Limbah Ternak sebagai Sumber Pendapatan Alternatif bagi Masyarakat di Masa Pandemi Covid-19

Ali Bain, Firman Nasiu, Widhi Kurniawan, Astriana Napirah, Hairil A. Hadini, Denvy Meidian Daoed, Nurhayu -

Abstract


Pandemi Covid-19 menyebabkan perubahan pola hidup masyarakat yang sangat signifikan dalam berbagai bidang kehidupan terutama dalam hal aktivitas menghasilkan pendapatan untuk memenuhi kebutuhan keluarga.  Masyarakat petani dan peternak merupakan golongan masyarakat yang sangat terdampak dengan kondisi ini karena aktivitas mereka yang biasanya dilakukan di luar rumah menjadi terbatas sehingga dapat menurunkan pendapatan keluarga.  Dengan demikian perlu dilakukan upaya-upaya untuk memotivasi masyarakat khususnya petani dan peternak untuk terus bersemangat mempertahankan pendapatan keluarga. Salah satu upaya yang dapat dilakukan oleh insan akademik kampus adalah dengan melaksanakan kegiatan Kuliah Kerja Nyata Tematik (KKN-Tematik) yang merupakan implementasi dari kegiatan pengabdian kepada masyarakat dengan tujuan untuk lebih memberdayakan potensi sumberdaya local di lingkungan masyarakat dalam rangka mengurangi dampak merugikan dengan adanya wabah Covid-19 dan mempertahankan pendapatan serta membantu pemenuhan kebutuhan gizi keluarga. Kegiatan utama yang dilaksanakan terdiri dari: 1) pembuatan pupuk organik, 2) pembuatan telur asin, 3) pembuatan nuggetayam, 4) demplot pemeliharaan ayam kampong di pekarangan, dan 5) demplot penanaman sayur organik. Kegiatan KKN Tematik yang dilaksanakan telah memberikan pengaruh positif dalam meningkatkan pengetahuan dan keterampilan masyarakat untuk memanfaatkan potensi sumberdaya local sehingga dapat membantu mempertahankan kondisi perekonomian sekaligus meningkatkan kesehatan keluarga.

Kata kunci: Covid-19, pupuk organik, telur asin, nugget ayam, sayur organik   


References


Ekawandai, N. dan Alvianingsih. 2017. Efektifitas kompos daun menggunakan EM4 dan kotoran sapi. TEDC, 12(2):145-149.

Mujiyo dan Suryono.2017. Pemanfaatan kotoran kambing pada budidaya tanaman buah dalam pot untuk mendukung perkembangan pondok pesantren. Jurnal Pemberdayaan Masyarakat 1 (1): 5-10.

Nataamijaya, A.G. 2010. Pengembangan potensi ayam lokal untuk menunjang peningkatan kesejahteraan petani. Jurnal Litbang Pertanian, 29(4):131-138.

Permadi, S.N., S. Mulyani, dan A. Hintono. 2012. Kadar serat, sifat organoleptik, dan rendemen nugget ayam yang disubtitusi dengan jarum tiram putih (Plerotus ostreatus). Jurnal Aplikasi Teknologi Pangan, 1(4):115-120.

Rukmiasih, N. Ulupi, dan W. Indriani. 2015. Sifat kimia dan organoleptik telur asin melalui penggaraman dengan tekanan dan konsentrasi garam yang berbeda. Jurnal Ilmu Produksi dan Teknologi Hasil Peternakan, 3(3):142-145.

Suprayogi, W.P.S., E.W. Riptanti, dan S.D. Widyawati. 2018. Budidaya ayam kampong intensif melalui program pengembangan usaha inovasi kampus. Inoteks, 22(1):18-27

Suprijatna, E. 2010. Strategi pengembangan ayam lokal berbasis sumberdaya lokal dan berwawasan lingkungan. Seminar Nasional Unggas Lokal ke IV tanggal 7 Oktober 2010, Fakultas Peternakan Universitas Diponegoro.

Surya, E., E. Apriana, dan Fanisah. 2017. Pengaruh penambahan beberapa jenis asam terhadap proses pengolahan telur asin untuk menghilangkan bau amis. Jurnal EduBio Tropika, 5(2):54-106.

Triwibowo, M.B., Suratno, dan S. Aprilya. 2015. Pengaruh pemberian bioaktivator effective microorganisms 4 (EM-4) terhadap kecepatan dan kualitas pembuatan kompos serta pemanfaatannya sebagai bahan ajar bioteknolgi di SMA. Pancaran, 4(2):11-20.

Wulandari, E., L. Suryaningsih, A. Pratama, D.S. Putra, dan N. Runtini. 2016. Karakteristik fisik, kimia, dan nilai kesukaan nugget ayam dengan penambahan pasta tomat. Jurnal Ilmu Ternak, 16(2):95-99.




DOI: https://doi.org/10.33387/pengamas.v4i1.2031

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


e-ISSN: 2622-383X || PengaMAS Stats:

pengaMAS Indexing:

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License