SOSIALISASI URBAN FARMING PETANI PERKOTAAN DI KELURAHAN TAFURE TERNATE DENGAN POLA TANAM MIXED FARMING SAAT PANDEMI DAN NEW NORMAL

Rima Melati, Suratman Sudjud, sarni sarni

Abstract


Pandemi Covid-19 yang melanda dunia sangat berdampak pada sektor pertanian, terutama produksi dan distribusi bahan pangan.  Daerah yang sumber pendapatan di sektor jasa seperti  Kota Ternate sangat tergantung pada stok pangan dari pulau lain yang selama ini terjadi.  Hal ini berdampak buruk pada ketersediaan bahan pangan karena daerah penyuplai mengalami pengurangan dan akses transportasi yang terhambat. Solusi mendasar adalah petani di daerah perkotaan harus memenuhi kebutuhan pangan keluarga sendiri. Sosialisasi tentang urban farming serta pemberian benih hortikultara pada petani partisipan termasuk langkah awal untuk memberikan motivasi, agar lahan yang kosong maupun pekarangan dapat ditanam dengan berbagai tanaman. Sosialisasi dilakukan dengan metode observasi, diskusi bersama dan pemberian stimulus berupa benih hortikultura. Dampak dari kegiatan sosialisasi adalah petani partisipan memahami urban farming dengan pola tanam mixed farming.  Pasca sosialisasi 80% petani partisipan membersihkan lahan kosong dan 70% telah menanam sayur dari benih yang diberikan. Keberlanjutan dari kegiatan petani yaitu memelihara tanaman hingga panen dan petani masih membutuhkan penyuluhan tentang pemeliharaan tanaman yang beragam dalam suatu areal tanam.


References


Aslichati, Lilik; Silawati, Tutisiana; Hartari, Ariyanti; Priono, M. (2018). Pengembangan Urban Farming Di Rw07 Bukit Indah. Proseeding Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Terbuka, 1(1), 245–250.

District, H., City, C., Wahyuni, S., & Trisnaningsih, U. (n.d.). Penerapan Urban Farming “ Vertikultur ” untuk Menambah Pendapatan Rumah Tangga di Kelurahan Kalijaga Kecamatan Harjamukti Kota Cirebon. 374–381.

Foeken, D., & Owuor, S. O. (2006). To subsidise my income": urban farming in an East-African town. University of Nairobi

Iskandar, J., & Iskandar, B. Su. (2016). Etnoekologi dan Pengelolaan Agroekosistem oleh Penduduk Desa Karangwangi Kecamatan Cidaun, Cianjur Selatan Jawa Barat. Jurnal Biodjati, 1(1), 1-12.

Junainah, W., Kanto, S., & Soenyono. (2016). Program Urban Farming Sebagai Model Penanggulangan Kemiskinan Masyarakat Perkotaan. Wacana, 19(3), 148–156.

Kusumastuti, C. T., & Darsono, D. (2019). Pemberdayaan Pkk Dengan Pemanfaatan Tanah Pekarangan Untuk Mendukung Perwujudan Hatinya Pkk. Jurnal Berdaya Mandiri, 1(1), 19–24.

Luthan, P. L. A., Nikman, Y., Hasibuan, H. N., & Malau, J. P. A. (2019). Pelatihan Urban Farming Sebagai Solusi Ruang Terbuka Hijau Di Lorong Sidodadi Medan Helvetia. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 25(1), 1. https://doi.org/10.24114/jpkm.v25i1.13933

Muttaqin, Z., silvya Sari, D., & Purbasari, R. (2019). Pemanfaatan Lahan Kosong: Mengupayakan Ketahanan Pangan Global Dalam Keseharian Masyarakat Lokal Di RW 12, Desa Sayang, Jatinangor, Sumedang. Prosiding Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat, 5(3), 237-250.

Radilla, N., Budiman, A. S., & Risdiyanto, I. (2020). Penyuluhan Pemanfaatan Lahan Kosong di Desa Rawabelut, Kecamatan Sukaresmi, Kabupaten Cianjur. Jurnal Pusat Inovasi Masyarakat (PIM), 2(3), 484-487.

Sugiarso, S., Riyadi, A., & Rusmadi, R. (2018). Pemberdayaan Masyarakat Melalui Pemanfaatan Tanah Pekarangan (PTP) untuk Konservasi dan Wirausaha Agribisnis di Kelurahan Kedung Pane Kota Semarang. Dimas: Jurnal Pemikiran Agama Untuk Pemberdayaan, 17(2), 343.

Wachdijono, W., Wahyuni, S., & Trisnaningsih, U. (2019). Sosialisasi Urban Farming Melalui Budidaya Tanaman Sayuran Secara Vertikultur Dan Hidroponik Di Kelurahan Kalijaga, Kecamatan Harjamukti, Kota Cirebon. Qardhul Hasan: Media Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(2), 90.

Warnita, W., & Aisman, A. (2017). Pemberdayaan Masyarakat Melalui Budidaya Tanaman Cabai Merah Dalam Pot. Logista-Jurnal Ilmiah Pengabdian kepada Masyarakat, 1(2), 41-50.




DOI: http://dx.doi.org/10.33387/pengamas.v3i2.2033

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


e-ISSN: 2622-383X || PengaMAS Stats:

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License