PENDIDIKAN KESEHATAN TENTANG KEBERSIHAN TOILET SEBAGAI UPAYA MENCEGAH INFEKSI SALURAN KEMIH PADA SISWA SMA N 3 DI KELURAHAN GAMBESI

Andi Sitti Nur Afiah, Soesanti Soesanti, Abdul Hakim Husen

Abstract


Merokok merupakan salah satu permasalahan kesehatan masyarakat di Indonesia dengan mengingat bahwa merokok merupakan salah satu faktor risiko utama dari beberapa penyakit kronis yang dapat mengakibatkan kematian. Globocan 2018 menyatakan, dari total kematian akibat kanker di Indonesia, Kanker paru menempati urutan pertama penyebab kematian yaitu sebesar 12,6%. Berdasarkan data Rumah Sakit Umum Pusat Persahabatan 87% kasus kanker paru berhubungan dengan merokok. Hal ini menunjukkan bahwa rokok adalah masalah besar bagi kesehatan masyarakat. Dampak rokok terhadap kesehatan tubuh tidak hanya dirasakan oleh para perokok aktif, tetapi juga dirasakan oleh perokok pasif, yaitu mereka yang tidak merokok tetapi ikut menghisap asap rokok. Mengingat banyaknya bahaya akibat rokok terhadap kesehatan dan kecenderungan bertambahnya presentasi remaja yang merokok, akibat sifat remaja yang masih cenderung labil dan kurangnya pengetahuan remaja yang belum mengetahui bahaya rokok, oleh karena itu perlu diadakan Pengabdian pada Masyarakat berupa penyuluhan tentang bahaya merokok kepada kalangan remaja yang dianggap gampang meniru perilaku tertentu merupakan suatu hal yang penting untuk dipikirkan dan dilakukan guna memberikan pengetahuan dan edukasi bagi para remaja.


References


Hermiyanty. 2012. Faktor Risiko Infeksi Saluran Kemih di Bagian Rawat Inap RSU Mokopido Toli-Toli Tahun 2012. Jurnal Kesehatan Tadulako. Vol.2 No.2, Juli 2016: 1-72.Universitas Tadulako.

Kayser. 2005. Medical microbiology. 15thed. London: Mosby. 7-20.

Sukandar E. 2006. Buku Ajar Ilmu Penyakit Dalam Jilid I. Jakarta: Balai Penerbit FK UI. 564-8.

Tessy A, Ardaya, Suwanto. 2001. Buku Ajar Ilmu Penyakit Dalam Jilid II. Edisi 3. Jakarta: Balai Penerbit FK UI. 369-76.

Weissman SJ. 2007. Host Pathogen Interactions and Host Defense Mechanism. Newyork: Lippincott Williams and Wilkins Publisher. 817-26.




DOI: https://doi.org/10.33387/pengamas.v4i2.2213

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


e-ISSN: 2622-383X || PengaMAS Stats:

pengaMAS Indexing:

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License