PENYULUHAN DAN SIMULASI CUCI TANGAN PAKAI SABUN DI LINGKUNGAN SD ALKHAIRAT 02 KOTA TERNATE

Fathul Rizky Syamsu Imam, Nurmala Dewi

Abstract


Data WHO menunjukkan perilaku CTPS (Cuci Tangan Pakai Sabun) mampu mengurangi angka kejadian Diare sebanyak 45%. CTPS dapat mencegah penyebaran penyakit cacingan, serta mampu menurunkan kasus infeksi pernapasan (termasuk ISPA dan Pneumonia) hingga 25%. Perilaku ini juga mengurangi risiko penyakit lainnya, seperti penyakit mata dan infeksi kulit.

Pengabdian telah dilaksanakan di lingkungan SD Alkhairat 02 Kota Ternate, pada tanggal 19 Oktober 2019. Penyuluhan tentang PHBS (Pola Hidup Bersih dan Sehat) dan CTPS (Cuci Tangan Pakai Sabun) dilakukan dengan media video dan slide power-point. Siswa-siswi diajarkan cara cuci tangan yang baik dan benar dengan metode Senam CTPS, dilanjutkan dengan Simulasi CTPS, dan diakhiri dengan games dan kerja bakti.

Tujuan dari kegiatan ini yakni siswa-siswi SD Alkhairat 02 Kota Ternate dapat menyadari pentingnya penerapan pola hidup yang bersih dan sehat dalam kehidupan sehari-hari, termasuk cuci tangan pakai sabun, serta mengetahui langkah-langkah cuci tangan pakai sabun yang baik dan benar.


References


Anonimus. 2009. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 36 Tahun 2009 Tentang Kesehatan.

Anonimus. 2014. Pusat Data dan Informasi Kementerian Kesehatan RI. Perilaku Mencuci Tangan Pakai Sabun di Indonesia.

Anonimus. 2009. http://www.depkes.go.id/development/site/jkn/index.php?cid=2086&id=cuci-tangan-pakai-sabun-(ctps)-perilaku-sederhana-yang-berdampak-luar-biasa-sanitasi-penting-karena-.html (diakses pada tanggal 10 Juli 2019).

Gracia R. 2016. “Faktor Determinan Perilaku Cuci Tangan Pakai Sabun (CTPS) pada Masyarakat Di Tanah Kalikedindingâ€. Universitas Airlangga.

Prita DI. 2015. “Efektivitas Penggunaan Video dan Buku Bergambar dalam Meningkatkan Pengetahuan, Sikap dan Keterampilan Ibu Mencuci Tangan Memakai Sabunâ€. Universitas Gadjah Mada.




DOI: https://doi.org/10.33387/pengamas.v5i1.2223

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


e-ISSN: 2622-383X || PengaMAS Stats:

pengaMAS Indexing:

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License