PENYULUHAN PENDIDIKAN POLITIK BAGI PEREMPUAN DI LEMBAGA DAKWAH ISLAM INDONESIA (LDII) KABUPATEN KARANGANYAR

Tiyas Nur Haryani, Ismi Dwi Astuti Nurhaeni

Abstract


Kegiatan pengabdian penyuluhan yang dilakukan kepada masyarakat kelompok sasaran Lembaga Dakwah Islam Indonesia Kabupaten Karanganyar menjadi salah satu kegiatan tridharma perguruan tinggi yakni pengabdian kepada masyarakat dalam bidang sosial politik. Kegiatan pengabdian penyuluhan kepada masyarakat ini mengambil topik perempuan dan politik. Tujuan dari kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah untuk meningkatkan literasi politik dan partisipasi politik kelompok perempuan khususnya perempuan anggota Lembaga Dakwah Islam Indonesia (LDII) Kabupaten Karanganyar baik sebagai pemilih cerdas maupun perempuan kader politik formal. Penyuluhan dan peningkatan kapasitas yang serupa pada dasarnya pernah dilakukan berulang kali di sesi sebelumnya, namun kegiatan edukasi literasi politik harus dilakukan secara terus menerus dan berkelanjutan untuk peningkatan kapasias perempuan serta memperlebar akses, kontrol, partisipasi dan manfaat perempuan dalam politik. Penyuluhan dan ceramah ini akan dilaksanakan dengan kelompok sasaran pada masyarakat akar rumput. Kegiatan pengabdian menggunakan metode penyuluhan. Materi penyuluhan mencakup wawasan gender, wawasan pendidikan politik dan urgensi perempuan dalam politik. Hasil dari kegiatan pengabdian ini antara lain, peserta dapat memiliki pengetahuan, preferensi mengenai politik perempuan dan strategi berpartisipasi aktif dalam politik. Perempuan dapat berdaya dengan akses, partisipasi dan kontrol yang dimilikinya. Sehingga ke depan lebih banyak lahir dan memperkuat kebijakan berprespektif gender yang tumbuh dari aspirasi di masyarakat dan perempuan yang duduk dalam kursi kepemimpinan.


References


Abdullah, I. (2016). Politisasi Gender Dan Hak-Hak Perempuan Kendala Struktural Keterlibatan Perempuan Dalam Pencalonan Legislatif. PALASTREN Jurnal Studi Gender. Https://Doi.Org/10.21043/PALASTREN.V7I2.1016

Haryani, T. N. (2020). Pendampingan Kelompok Informasi Masyarakat Desa Sumberdodol Kabupaten Magetan Dalam Pengembangan Iklan Pariwisata Desa. Aptekmas Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2).

Nurcahyo, A. (2016). Relevansi Budaya Patriarki Dengan Partisipasi Politik Dan Keterwakilan Perempuan Di Parlemen. Agastya: Jurnal Sejarah Dan Pembelajarannya. Https://Doi.Org/10.25273/Ajsp.V6i01.878

Parengkuh, A. (2014). Hambatan Kemandirian Politik Perempuan. Jurnal Perempuan, 19(2).

Partini. (2014). Partisipasi Politik Perempuan Dalam Praktik Kewarganegaraan Di Indonesia. Jurnal Perempuan, 19(2).

Wardhani, B. L. S. . (2014). Status Perempuan Sebagai Warga Negara Dalam Paradigma Inclusive Citizenship. Jurnal Perempuan, 19(2).

Zamroni, M. (2013). Perempuan Dalam Kajian Komunikasi Politik Dan Gender. Jurnal Dakwah.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


e-ISSN: 2622-383X || PengaMAS Stats:

pengaMAS Indexing:

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License