DIGITALISASI INFORMASI UNTUK MENINGKATKAN PEMASARAN PADA UMKM VEFAR

Yoga Pristyanto

Abstract


Vefar merupakan salah satu usaha mikro kecil menengah yang bergerak dibidang budidaya tanaman hidroponik dan penjualan sayuran segar. Vefar berlokasi di dusun Pandan Puro, Hargobinangun, Pakem, Kabupaten Sleman, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Vefar didirikan oleh Saudara Aditya Chandra yang juga selaku pemilik kurang lebih sekitar tahun 2018. Pada proses bisnisnya Vefar bergerak dalam penjualan bibit tanaman hidroponik dan sayuran segar. Seiring dengan ketatnya persaingan pada bidang jasa jual beli sayuran segar Vefar memiliki kendala dalam mengenalkan dan menjual produknya ke berbagai daerah. Pihaknya memerlukan sebuah media pemasaran online berbasis website supaya mempermudah dalam memasarkan produknya ke berbagai wilayah khususnya di Yogyakarta. Disisi lain keberadaan website tersebut nantinya juga akan menunjang dalam proses pemasaran dan jual beli produknya di masa pandemi covid-19 ini, hal ini dikarenakan ruang gerak dalam proses pemasaran dan penjualan dalam masa pandemi seperti ini menjadi terbatas. Selain digunakan untuk pemasaran website tersebut nantinya juga akan digunakan dalam proses branding mengingat Vefar merupakan pemain baru dalam bisnis bidang budidaya tanaman hidroponik dan penjualan sayuran segar. Dengan adanya website tersebut dapat memudahkan UMKM Vefar dalam melakukan pemasaran produknya sehingga dapat meningkatkan pendapatan Vefar.

References


Dhananjaya, A. E. (2019). Perancangan Website Sebagai Media Promosi Online Shop Nanauniquestore. Jurnal Nawala Visual, 1(2), 83–87. https://doi.org/10.35886/nawalavisual.v1i2.27

Haiqal, M. K., & Hidayat, S. (2017). Penerapan Identitas Visual Pada Media Promosi Website Wisata Kerajinan Rajapolah. Desain Komunikasi Visual, Manajemen Desain Dan Periklanan (Demandia), 2(02), 182–199. https://doi.org/10.25124/demandia.v2i02.934

Hasugian, P. S. (2018). Website Sebagai Media Promosi dan Informasi. Journal Of Informatic Pelita Nusantara, 3(1), 82–86. Retrieved from http://www.cakranet.com/website-sebagai-media-promosi/

Hidayat, W. F., Rapiyanta, P. T., & Shidiq, F. (2020). Perancangan Website Desa Wisata Wukirsari Bantul Sebagai Media Promosi dan Pemesanan. Jurnal Infotech, 2(1), 1–7.

Putra, A. R., & Wardani, T. I. (2019). APLIKASI CMS WORDPRESS UNTUK MERANCANG WEBSITE SEBAGAI MEDIA PROMOSI PADA SEKAR ARUM CATERING SIDOARJO. JAB Jurnal Aplikasi Bisnis, 5(2), 498–502. Retrieved from http://www.cakranet.com/website-sebagai-media-promosi/




DOI: https://doi.org/10.33387/pengamas.v4i2.2376

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


e-ISSN: 2622-383X || PengaMAS Stats:

pengaMAS Indexing:

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License