PELATIHAN PEMBUATAN DAN PERANCANGAN IKLAN SEBAGAI MEDIA PROMOSI USAHA KECIL MENENGAH PADA VEFAR ( VEGETABLE FARM )

Ibnu Hadi Purwanto

Abstract


VEFAR ( Vegetable Farm ) merupakan usaha yang bergerak dibidang penyedia sayuran Hidroponik. VEVAR sendiri terletak daerah Kabupaten Sleman bagian utara tepatnya di Pandan Puro, Hargobinangun, Pakem, Sleman, Yogyakarta. VEFAR mulai merintis pemasaran produknya melalui media sosial whatsaap dan instagram. Proses pemasaran yang dilakukan selama ini belum dapat memenuhi target pemasaran yang sudah direncanakan oleh pemilik usaha VEFAR, ditambah lagi dengan adanya pandemi COVID-19 yang terjadi seperti ini. Rata- rata penjualan semakin menurun dan banyak sayuran yang terbuang karena tidak laku terjual. Beberapa aspek yang dapat diambil kesimpulan dari wawancara dengan pemilik VEFAR yaitu, masih minimmnya pengetahuan tentang bagaimana mengemas promosinya dalam bentuk visual ataupun infografis yang dapat menarik dan meyakinkan pembeli untuk memilih produknya sebagai pilihan konsumsi sayuran yang sehat dan segar. Atas dasar tersebut maka terinisiasi untuk membantu usaha kecil menengah VEFAR dalam bentuk pelatihan pembuatan iklan kepada pemilik usaha dalam bentuk visual ataupun infografis guna menghasilkan bentuk pemasaran yang sesuai dengan kaidah ilmu grafis ataupun multimedia. Luaran dari kegiatan ini akan dikemas dalam bentuk template siap pakai dan ilmu yang akan diajarkan langsung pada pemilik usaha. Sehingga harapannya dapat meningkatkan kualitas pemasaran produk dan nantinya dapat bersaing dengan kompetitor dibidang sayuran organik.

 

Kata Kunci : Promosi, UMKM, Infografis

References


Gary Amstrong & Philip, Kotler, Dasar-dasar Pemasaran. Jilid 1, Alih Bahasa Alexander Sindoro dan Benyamin Molan, (Jakarta, Prenhalindo, 2002), hal. 153.

Klimchuk, Marianne dan Sandra A. Krasovec. 2006. Desain Kemasan. Jakarta: Erlangga.

Kotler dan Keller. 2009. Manajemen Pemasaran. Jilid I. Edisi ke 13. Jakarta: Erlangga.

Maghfoer, M. D., R, Soelistyono dan M, Ashrina. 2007. Pengaruh Tingkat Elektro-Konduktivitas Dan Waktu Peningkatannya Pada Pertumbuhan Dan Hasil Tanaman Melon (Cucumis melo var.Eagle) Sistem Hidroponik Terapung. Jurnal Agrivita. 29(3): 284- 292.

Monle Lee dan Carla Johnson, Prinsip-Prinsip Periklanan Dalam Perspektif Global, Diterjemahkan oleh Haris Munandar dan Dudi Priatna. (Jakarta, Kencana Prenada Media, 2004), hal. 10.

Rangkuti, Freddy. 2005. Analisis SWOT: Teknik Membedah Kasus Bisnis. Jakarta: Gramedia.




DOI: https://doi.org/10.33387/pengamas.v4i2.2382

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


e-ISSN: 2622-383X || PengaMAS Stats:

pengaMAS Indexing:

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License