PENGEMBANGAN PROMOSI DAN PEMASARAN PELAKU USAHA SULAMAN DAN BORDIR BERBASIS DIGITAL

mita yani, Febri yanti, Sri Zulfia Novrita, Zulmardi Zulmardi, Lilik Suheri

Abstract


Lembaga Kursus dan Pelatihan (LKP) “Limos†adalah pelaku usaha di Kota Payakumbuh,  dibidang sulaman dan bordir. LKP berdiri dengan Surat Keputusan Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu Nomor: 035/I/SITU/DPM-PTSP/PYK-2018 tentang Usaha Sulaman dan Bordir. Permasalahan mitra pada tahun ke-2 ini yang mendasar adalah (1) Manajemen pengelolaan masih bersifat manual, baik pencatatan pemasukan maupun pengeluran, pencatatan operasional usaha dan rekap usaha bulanan. (2) Promosi dan pemasaran masih bersifat konvensional sehingga jangkauan promosi masih sangat terbatas.(3) Keterampilan Sumber Daya Manusia masih kurang, terutama pemahaman dan pengetahuan terkait  pengembangan usaha, promosi dan pemasaran berbasis digital serta soft skill promosi dan pemasaran masih belum maksimal, (4) Sarana dan prasarana masih sangat terbatas (5) Belum ada terjalin kerjasama (MOU)  maupun MOA  dengan Pemerintah setempat. Solusi kegiatan untuk menyelesaikan masalah mitra yang telah dilaksanakan adalah (1)  Membina administrasi pengelolaan manajemen keuangan dan usaha secara komputerisasi, (2) Pelatihan promosi berbasis digital, promosi on-line, aplikasi akuntansi, pembukuan, administrasi serta keterampilan soft skill. (3) Memberikan bantuan peralatan computer lengkap, (4) Kerjasama dengan dinas terkait. Tujuan dan target khusus yang ingin dicapai adalah mengembangkan promosi dan pemasaran untuk meningkatknya market size dan market value produksi. Metode Pelaksanaan Kegiatan (1) Mengadakan pelatihan digital (2) kerjasama dengan pemerintah daerah (3) Tahap Pelaksanaan: mengadakan pelatihan dan  promosi berbasis digital, manajemen dan strategi pemasaran, dan pengelolaan keuangan. Membuat website  www.rumahlimos.com. Mencari peluang  ke sasaran konsumen (4) Tahap Evaluasi pelaksanaan kegiatan dengan kegiatan (a) Pendampingan operasional aplikasi secara berkesinambuangan (b) Membuat progress pelaporan terkait perkembangan usaha (c) mengevaluasi pelaksanaan MOA.

 


References


Adiputra, et all. 2014 IbM. Songket Jinengdalem (Laporan Pengabdian). Lembaga Penelitian dan pengabdian Masyarakat, Universitas Pendidikan Ganesha.

Marianti, M, Istiharini. 2013. Analisis Karakteristik dan Prilaku Konsumen Tenun Songket Palembang (Laporan Penelitian). Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat, Universitas Khatolik Pahryangan.

Siti Zulfa Yusni 2017. Pengembangan Tenun songket sebagai produk Desain Interior. Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat, Universitas Syah Kuala.




DOI: https://doi.org/10.33387/pengamas.v4i2.2390

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


e-ISSN: 2622-383X || PengaMAS Stats:

pengaMAS Indexing:

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License