EDUKASI GERAKAN PEMBERANTASAN NYAMUK (PSN) DEMAM BERDARAH PADA ANAK USIA SEKOLAH DASAR DI KECAMATAN JAWILAN KABUPATEN SERANG

Fauzul Hayat, Ela Nurdiawati, Nia Kurniatillah

Abstract


ABSTRAK

Sekolah menjadi tempat potensial dalam penyebaran dan penularan penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD). Peran strategis anak usia sekolah sebagai bagian kegiatan pemberdayaan masyarakat dalam upaya pencegahan dan pengendalian DBD. Tujuan kegiatan pengabdian masarakat memberikan edukasi gerakan Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN) demam berdarah pada anak usia sekolah di SDN Jawilan Kabupaten Serang. Pengabdian masyarakat ini membahas seputar penderita DBD, tanda dan gejalanya, memperkenalkan nyamuk Aedes aegepty, tempat perindukan dan bagaimana Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN) 3M Plus. Kegiatan ini dilakukan melalui tiga tahap, yakni pengisian kuesioner, penyuluhan dan pemutaran video animasi DBD dan sesi tanya jawab. Kesimpulannya adalah edukasi Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN) 3M Plus efektif dalam meningkatkan pengetahuan siswa dalam upaya pencegahan dan pemberantasan DBD.

 

Kata Kunci: Demam Berdarah Dengue, PSN 3M Plus.


References


DAFTAR PUSTAKA

Alvita GW, Huda S, Budi IS. Penerapan Pemberantasan Sarang Nyamuk Demam Berdarah Dengue (PSN 3 M PLUS-DBD) Pada Anak Usia Sekolah Dengan Pendekatan Komunikasi Perubahan Perilaku Di SDN 4 Kecamatan Kalinyamatan Jepara. Jurnal Pengabdian Kesehatan STIKES Cendekia Utama Kudus. Vol. 1, No. 1, Januari 2018.

Baitipur LN, Widraswara R. 2018. Pendidikan Kesehatan Melalui Video Untuk Meningkatkan Pengetahuan Dan Praktik PSN DBD. Journal of Health 3 (2) (2018).

Dinas Kesehatan Kabupaten Serang. 2019. Profil Kesehatan Kabupaten Serang 2018.

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia 2016. Petunjuk Teknis Implementasi PSN 3M PLUS dengan Gerakan 1 rumah 1 Jumantik. Direktorat Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Tular Vektor dan Zoonotik.

Susanna D, Ernawati K, Ahmadi UF, Hasan H, Ritawati. 2019. Sismantik: Siswa Pemantau Jentik Sekolah Dasar dalam Upaya Penurunan Kasus Demam Berdarah Dengue (DBD) . Jurnal Pengabdian Masyarakat. Vol.5, No.2, Agustus 2019, Hal 188-199.




DOI: https://doi.org/10.33387/pengamas.v4i2.2488

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


e-ISSN: 2622-383X || PengaMAS Stats:

pengaMAS Indexing:

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License