PELATIHAN PEMANFAATAN MEDIA PEMBELAJARAN ONLINE INTERAKTIF BERBASIS POWTOON BAGI GURU DI SMP ISLAM TERPADU IBNU ABBAS TARAKAN MELALUI ZOOM MEETING

Ika Noviantari Noviantari, Andi Nursakira

Abstract


Guru yang biasanya menggunakan media pembelajaran sekarang dituntut untuk mengajar secara online. Termasuk, SMP Islam Terpadu Ibnu Abbas, dimana beberapa guru mengungkapkan alasan menggunakan WhatssApp karena praktis digunakan. Ternyata dalam pelaksanaannya guru menemukan kendala seperti penjelasan materi hanya menggunakan voice note, sehingga tidak semua siswa mau mendengarkan. Kesulitan dalam memberikan feedback, dan persiapan pembelajaran yang kurang matang sebelumnya. Metode pendekatan dalam kegiatan ini terbagi menjadi dua cara yaitu pemberian pengetahuan dan informasi tentang media pembelajaran online yang interaktif berbasis animasi, dan pelatihan pemanfaatan media pembelajaran online berbasis animasi yaitu Powtoon. Hasil pembahasan menunjukkan bahwa peserta setuju pemanfaatan media pembelajaran online berbasis powtoon dapat mendukung kegiatan mengajar, ilmu/materi yang diperoleh dari pelatihan ini sebanding dengan waktu yang peserta berikan untuk mengikuti pelatihan, jumlah peserta yang langsung mempraktekkan pemanfaatan media pembelajaran online berbasis powtoon sebanyak 15 orang, dan sebanyak 10 atau 53% peserta dapat memahami dan mengikuti materi pelatihan pemanfaatan media pembelajaran online berbasis powtoon. Kesimpulannya kegiatan dapat memberikan pengetahuan dan informasi tentang media pembelajaran online yang interaktif berbasis animasi agar pembelajaran lebih menarik dan memotivasi siswa dalam belajar, dan memanfaatkan media pembelajaran online berbasis animasi yaitu Powtoon dalam kegiatan pembelajaran baik secara online maupun tatap muka nantinya di sekolah

References


De Lange, J. (2004). Mathematical Literacy for Living from OECD-PISA Perspective. Paris: OECD-PISA.

Hariadi, S. (2019). Implementasi Media Pembelajaran Berbasis TIK Teks Wawancara Bahasa Jawa Berbasis Blended Learning Pada Siswa Kelas VIII Volume 1 Best Practice

Kresnandya, T. F. (2020). Pengaruh Media Video Animasi Berbasis Powtoon Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik pada Sub Bab Konsep Vertebrata. Meta Edukasi, 2, 29–36.

Naidu, S. (2006). E-Learning: A Guidebook of Principles, Procedures and Practices. 2nd Revised Edition. New Delhi : Commonwealth Educational Media Center for Asia (CEMCA), and the Commonwealth of Learning

Suhendra, Ii., Enawaty, E., & Melati, H. A. (2016). Pengaruh Penggunaan Media Audio-visual Powtoon Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Materi Unsur Senyawa Campuran. Pendidikan Dan Pembelajaran, 3, 7.




DOI: https://doi.org/10.33387/pengamas.v4i3.2985

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


e-ISSN: 2622-383X || PengaMAS Stats:

pengaMAS Indexing:

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License