PENGUATAN PENDIDIKAN KELUARGA MELALUI PARENTING CLASS UNTUK MENCEGAH DAN MENANGANI STUNTING DI DESA SAMBI, KECAMATAN REOK BARAT KABUPATEN MANGGARAI, NTT

Gabriel Fredi Daar, Claudia Fariday Dewi, Jayanti Petronela Janggu

Abstract


Kurangnya pengetahuan dan pemahaman orang tua tentang cara mendidik, merawat, dan memberikan makanan bergizi kepada anak pada 1000 hari pertama kehidupan berdampak pada ketidakmampuan orang tua dalam memberikan pendidikan dan pengasuhan yang positif, yang pada akhirnya anak tidak tumbuh dan berkembang secara optimal bahkan menderita stunting. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk menambah ruang pemahaman orang tua tentang pendidikan dan pengasuhan anak pada 1000 hari pertama kehidupan di desa Sambi, yang diharapkan berkontribusi dalam menurunkan angka stunting di desa tersebut. Kegiatan yang dilakukan berupa parenting class dengan menggunakan metode ceramah, tanya jawab, dialog dan sharing praktik baik. Berdasarkan evaluasi lisan, hasil yang dicapai dari kegiatan ini adalah bahwa hampir semua orang tua siswa beranggapan faktor gizi merupakan satu-satunya faktor penyebab stunting pada anak di desa Sambi. Anggapan ini memperkuat kebiasaan menerapkan pola asuh negatif pada anak dan kebiasaan tidak memperhatikan pendidikan dan pengasuhan anak. Berdasarkan pengakuan orang tua, pengetahuan tentang pendidikan dan pengasuhan positif bagi anak merupakan informasi baru yang membantu mereka untuk memberikan pendidikan dan pengasuhan yang tepat sehingga anak mengalami pertumbuhan dan perkembangan yang ideal sesuai dengan usianya. Namun sebagian dari mereka mulai menerapkan pendidikan dan pengasuhan positif setelah mendapat informasi yang disampaikan oleh pelaksana dalam kegiatan pengabdian masyarakat ini. Pelaksanaan pendidikan dan pengasuhan positif kepada anak pada usia 1000 hari pertama kehidupan dan pada usia Paud secara konsisten, akan berkontribusi pada penurunan angka stunting di Sambi, NTT.

References


Achmad, Ika Fadhila, Lutfatul Latifah, dan Dewi Natalia Husadayanti3. (2010). Hubungan Tipe Pola Asuh Orang Tua dengan Emotionalquotient (EQ) pada Anak Usia Prasekolah (3-5 Tahun) Di Tk Islam Al-Fattaah Sumampir Purwokerto Utara. Jurnal Keperawatan Soedirman, 5(1).

Buletin Jendela data dan Informasi Kesehatan. (2018). Pusat Data dan Informasi Kementerian Kesehatan RI. Diakses dari http://www.depkes.go.id/download.php?file=download/pusdatin/buletin/Buletin-Stunting-2018.pdfpada 26 Februari 2019

Data Balita Stunting Terintegrasi Kabupaten Manggarai Tahun 2020.

https://www.manggaraikab.go.id/berita.php?read=943

Farah, Okky Aridiyah, Ninna Rohmawati, Mury Ririanty. (2015). Faktor-faktor yang

Mempengaruhi Kejadian Stunting pada Anak Balita di Wilayah Pedesaan dan Perkotaan. e-Jurnal Pustaka Kesehatan, 3 (1), 163-170.

Fellasari, Farieska, Yuliana Intan dan Lestari. (2016). Hubungan Antara Pola Asuh Orangtua dengan Kematangan Emosi Remaja. Jurnal Psikologi, 12(2). Diakses dari http//www.e-journal.uin-suska.ac.id, pada 3 Maret 2019.

Gladys, Apriluana dan Sandra Fikawati. (2018). Analisis Faktor-Faktor Risiko terhadap Kejadian Stunting pada Balita (0-59 Bulan) di Negara Berkembang dan Asia Tenggara. Media Litbangkes, 28(4), 247 – 256, DOI: https://doi.org/10.22435/mpk.v28i4.472.

Istina rakhmawati. (2015). Peran Keluarga dalam Pengasuhan anaK. Konseling Religi: Jurnal Bimbingan Konseling Islam. 6(1), 1-18.

Izwardy, Doddy. (2020). Studi Status Gizi Balita Terintegrasi SUSENAS 2019. Balitbangkes Kemenkes RI. https://www.kemkes.go.id/resources/download/info-terkini/Rakerkesnas-2020/02Sideevent/SE_08/Studi%20Status%20Gizi%20Balita%20Terintegrasi%20SUSENAS%202019%20(Kapus%20Litbang%20UKM).pdf

Novita, Dian. (2015). Pengaruh Pola Pengasuhan Orangtua Dan Proses Pembelajaran di Sekolah Terhadap Tingkat Kreativitas Anak Prasekolah (4-5 Tahun). Jurnal Pendidikan, 16(2), 100-109

Ringkasan Stunting; 100 Kabupaten/Kota Prioritas Penanganan Stunting, 2017

Sunarty, Kustiah. (2016). Hubungan Pola Asuh Orangtua dan Kemandirian Anak. Journal of EST 2(3), 152-160. Diakses dari http//media.nelti.com, pada 2 Maret 2019.

Rivanica, Rhipiduri. (2018). Hubungan antara Pendidikan dan Pengetahuan Ibu dengan Perawatan Tali Pusat Pada Bayi Baru Lahir Di bidan Praktik Mandiri Nurachmi Palembang Tahun 2016. Jurnal ‘Aisyiyah Medika, 1(2), 118-126.

Tat, Florentinus dan Aben B. Y. H. Rohmana. (2018). Hubungan tingkat pengetahuan dan perilaku merawat bayi dengan status kesehatan bayi post perawatan NICU di RS W.Z Johanes Kupang. CHMK Nursing Scientific Journal, 2(1), 18-27.

Tim Nasional Percepatan Penanggulangan Kemiskinan. (2017). 100 Kabupaten/Kota Prioritas Untuk Intervensi Anak Kerdil (Stunting); Ringkasan. Diakses darihttp://www.tnp2k.go.id/images/uploads/downloads/Binder_Volume1.pdfpada 1 Maret 2019




DOI: https://doi.org/10.33387/pengamas.v6i1.3274

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


e-ISSN: 2622-383X || PengaMAS Stats:

pengaMAS Indexing:

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License