PELATIHAN PEMBUATAN PROBIOTIK RABAL DALAM UPAYA MENINGKATKAN PRODUKSI BUDIDAYA IKAN DI DESA LOA DURI ULU

Gusti - Haqiqiansyah, Yesika Padang

Abstract


Pakan merupakan komponen penting dalam kegiatan budidaya ikan.  Sebagian besar komponen biaya usaha digunakan untuk penyediaan pakan.  Sehingga efisiensi dan efektifitas penggunaan pakan perlu diperhatikan.  Penggunaan probiotik menjadi satu diantara solusi yagn dapat ditrepan.  Probiotik mikroba hidup yang memiliki modifikasi bentuk keterkaitan dengan inang dan komunitas mikroba lainnya sehingga dapat memiliki pengaruh memperbaiki kecernaan makanan, melindungi dari serangan patogen dan memperbaiki kualitas airnya. Berdasarkan hasil sosialisasi untuk mengetahui penambahan probiotik rabal terhadap konsumsi pecan.  Probiotik rabal dapat dijadikan pilihan bagi pembudidaya untuk kegiatan budidaya ikan.  Pemberian probiotik rabal dalam pakan dapat menurunkan konsumsi pakan dan meningkatkan efisiensi pakan dengan dosis terbaik.  Hasil kegiatan diharapkan para pembudidaya ikan dapat memahami dan mengaplikasikannya pada usaha budidaya ikan.


References


Anggriani Ryan, Iskandar, Ankiq T, 2012. Efektivitas penambahan bacillus sp. Hasil isolasi dari saluran pencernaan ikan patin pada pakan komersial terhadap kelangsunagn hidup dan pertumbuhan benih ikan nila merah (Oreochromis niloticus). Jurnal Perikanan dan Kelautan. Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Unpad. : Bandung

Anonim, 2013. Pengertian Bahan Baku. www.pilarlima.com / index.php / bahan bakudiakses 25 maret 2015 ;11:00 Pm

Beauty, G., Ayi Y dan Roffi G. 2012. Pengaruh Dosis Mikroorganisme Probiotik pada Media Pemeliharaan terhadap Kelangsungan Hidup dan Pertumbuhan Benih Mas Koki (Carassius auratus) dengan Padat Penebaran Berbeda. Jurnal Perikanan dan Kelautan. Volume 3 Nomor 3. Hal.1-6.

Fitrianingsih, S.P., Lestari, F., 2014. Uji Efek Antioksidan Ekstrak Etanol DPPH 4, 6.

Gatesoupe, F. J. 2008. Updating the Importance of Lactic Acid Bacteria in Fish farming: natural occurance and probiotic treatments. J. Mol. Microbiol. Biotachnol., 14 (1-3): 107-114

Jariyah Endang Setiawati, Tarsim, Y.t. Adiputra, Siti Hudaidah, 2013. Pengaruh Penambahan Probiotik Pada Pakan Dengan Dosis Berbeda Terhadap Pertumbuhan, Kelulushidupan, Efisiensi Pakan dan Retensi Protein Ikan Patin (Pangasisus hypophthalmus). Jurnal Rekayasa dan Tekhnologi Budidaya Perairan, ISSN : 2302-3600.

Lumbanbantu PA. 2018. Pengaruh Pemberian Probiotik EM4 Dalam Pakan Buatan Dengan Dosis Yang Berbeda Terhadap Pertumbuhan Dan Kelulushidupan Ikan Nila Merah (Oreochromis niloticus) Di Air Payau. Skripsi. Riau: Departemen Budidaya Perairan, Fakultas PerIkanan dan Kelautan, Universitas Riau

Mulyadi, A. E. 2011. Pengaruh Pemberian Probiotik pada Pakan Komersil Terhadap Laju Pertumbuhan Benih Ikan Patin Siam (Pangasius Hypophthalamus). Skripsi. Fakultas Perikanan dan ilmu Kelautan. Unpad: Jatinagor. 107 hlm.

Noviana P, Subandiyono, Pinandoyo. 2014. Pengaruh Pemberian Probiotik Dalam Pakan Buatan Terhadap Tingkat Konsumsi Pakan dan Pertumbuhan Benih Ikan Nila (Oreochromis niloticus). Journal of Aquaculture Management and Technology. 3(4), 183-190.

Sutanto Danuri, 2011. Budidaya Nila. Seri Perikanan Modern. Yokyakarta




DOI: https://doi.org/10.33387/pengamas.v6i1.3506

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


e-ISSN: 2622-383X || PengaMAS Stats:

pengaMAS Indexing:

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License