ANALISIS TAHAPAN PEMBERDAYAAN STUDI PADA PEMBENTUKAN TAMAN BACAAN MASYARAKAT KALUMATA

Lisda Ariani Simabur

Abstract


Rendahnya minat baca masyarakat disebabkan karena keterbatasan akses pada bahan bacaan. Maka tujuan dari pengabdian kepada masyarakat (PKM) yaitu membentuk Taman Baca Masyarakat untuk mendekatkan akses bahan bacaan kepada warga. Pembentukan Taman Bacaan Masyarakat di Kalumata dilakukan secara bertahap yaitu tahap penyadaran, pengkapasitasan, dan pendayaan. Metode yang digunakan adalah kualitatif deskritif. Melalui metode ini akan dijelaskan bagaimana tahapan-tahapan dalam pendirian taman bacaan masyarakat. Unit Analisis terdiri dari elemen pemuda, pemerintah, tokoh masyarakat, dan Forum Taman Bacaan Masyarakat Maluku Utara. Metode pengumpulan data dilaksanakan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik Analisis Data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian dapat dijelaskan bahwa pada tahap penyadaran ditemukan adanya kemauan dan semangat yang lahir dari dalam kelompok pemuda di kelurahan Kalumata untuk membentuk taman bacaan masyarakat. Namun masih dibutuhkan peran eksternal untuk memberikan pendampingan yaitu melalui program pengabdian kepada masyarakat dari Universitas Terbuka UPBJJ Ternate. Tahap pengkapasitasan dilakukan dengan memberikan pendampingan untuk pelembagaan taman bacaan masyarakat, sosialisasi, dan pelatihan. Tahap pendayaan kelompok mitra dilakukan dengan memperkenalkan dan mengikutsertakan pengurus TBM dalam berbagai kegiatan komunitas literasi di Ternate dan Maluku Utara sebagai bentuk pembentukan jaringan untuk mendukung keberlanjutan kegiatan di masa yang akan datang.


References


Anu, Kasmel. (1997). Community Empowerment-Theoretical and Methodological Considerations, International Journal of Environmental Research and Public Health.

Dirjen Dikdasmen. (2018). Desain Induk Gerakan Literasi Sekolah Edisi 2. Jakarta : Dirjen Dikdasmen. Diunduh pada tanggal 28 Juli 2019.

Ife, Jim. (1995). Community Development, Creating Community Alternatives-Vision, Analysis and Practice. Melbourne: Addison Welsey Longman.

Insany, Maida Murti. (2016). Pengelolaan Taman Bacaan Masyarakat (TBM) Desa Kuala Tanjung dan Desa Kuala Indah Kabupaten Baturaja. Medan : Universitas Sumatera Utara. Diakses dari http://repositori.usu.ac.id/bitstream/handle/123456789/2087/132201079.pdf?sequence=1&isAllowed=y.

Kemendikbud. (2013). Petunjuk Teknis Pengajuan, Penyaluran, dan Pengelolaan Bantuan Taman Bacaan Rintisan. Jakarta : Direktorat Pembinaan Pendidikan Masyarakat, DITJEN PAUDNI.

Narayan, Deepa, (2000). Empowerment And Poverty Reduction. Washington DC: The World Bank.

Wahyuni. (2018). Strategi Pemberdayaan Masyarakat Dalam Pengembangan Wisata Nglanggeran. Aspirasi: Jurnal Masalah-masalah Sosial, Vol 9, No 1, pp.83-100

Wibhisana, Yohanes Putut. (2021). Pemberdayaan Masyarakat dan Komunitas dalam Program Desa Wisata Jogoboyo Purworejo. Aspirasi:Jurnal Masalah-Masalah Sosial, Vol 12, No.1, pp.31-45.

Wrihatnolo, R.R., dan Dwidjowijoto, R.N. (2007). Manajemen Pemberdayaan. Jakarta: PT. Alex Media Komputindo.




DOI: https://doi.org/10.33387/pengamas.v5i3.3722

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


e-ISSN: 2622-383X || PengaMAS Stats:

pengaMAS Indexing:

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License