Pemberdayaan Kelompok Usaha Bersama (KUBE) Parada Collection Dalam Pemanfaatan Limbah Organik Dan Non-Organik Di Kelurahan Tafure, Kecamatan Ternate Utara, Kota Ternate

mohbir umasugi, Lisda Ariani Simabur, Muhammad Darsan Hi Adam

Abstract


Pemberdayaan masyarakat telah menampakkan dirinya sebagai pendekatan yang banyak di anut dan mewarnai banyak kebijakan pembangunan masyarakat, juga merupakan sarana untuk merubah kehidupan sosial dan ekonomi masyarakat melalui potensi yang ada di masyarakat namun kurang mendapat perhatian atau dukungan dari pemerintah. Hal ini di rasakan oleh masyarakat di kelurahan Tafure, Kecamatan Ternate Utara melalui Kelompok Usaha Bersama (KUBE) Parada Collection dalam mengelolah sampah organik maupun non-organik untuk di daur menjadi suatu kerajinan yang memiliki nilai ekonomi namun belum di kembangkan secara maksimal padahal potensi ini bisa menjadi pemasukan untuk menambah pendapatan masyarakat setempat untuk meningkatkan kesejahteraan mereka, maka dari itu dengan adanya Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) Universitas Terbuka hadir untuk memberdayakan potensi yang telah ada menjadi lebih optimal. Masalah yang di hadapi pegrajin asesoris berbahan sampah organik dan non-organik di Kelurahan Tafure begitu kompleks, diantaranya dibatasi modal usaha, kurangnya tenaga trampil yang bisa membuat berbagai jenis kerajinan, dan juga terbatasnya peralatan pembuatan kerajinan, pemasaran hasil kerajinan, serta minimnya sentuhan yang datang dari luar baik dari pemerintah maupuan pihak lainnya. Adapun maksud dari rencana pelaksanaan Pengabdian kepada Masyarakat iyalah untuk membuka peluang usaha bagi masyarakat, terutama masyarakat kurang mampu yang memiliki keterampilan dan keinginan mendapatkan penghasilan dan cakupannya adalah memperbaiki ekonomi keluarga secara mandiri seperti mereka yang tergabung dalam Kelompok Usaha Bersama (KUBE) Parada Collection.


References


Riasih, Teta. (2010). Modal Sosial Kelompok Pekerja Informal. Dalam Fahrudin, A. (ed), Pemberdayaan Partisipasi dan Penguatan Kapasitas Masyarakat. Bandung: Humaniora.

Soetomo. (2009). Pembangunan Masyarakat: Merangkai Sebuah Kerangka. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Sugeng, Bambang. (2010). Pengembangan Kapasitas Dan Keberfungsian Sosial. Dalam Fahrudin, A. (ed), Pemberdayaan Partisipasi dan Penguatan Kapasitas Masyarakat. Bandung: Humaniora.

Sulistyani, Ambar Teguh. (2004). Kemitraan dan Model-Model Pemberdayaan. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Zubaedi, (2007). Wacana Pembangunan Alternatif, Ragam Prespektif Pengembangan Dan Pemberdayaan Masyarakat. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media




DOI: https://doi.org/10.33387/pengamas.v6i1.3723

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


e-ISSN: 2622-383X || PengaMAS Stats:

pengaMAS Indexing:

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License