PENDAMPINGAN DAN PEMBERDAYAAN MASYARAKAT MELALUI PENGOLAHAN JAGUNG MENJADI PRODUK OLAHAN BERNILAI EKONOMIS TINGGI

Untung Khoiruddin, Nurul Ahsin

Abstract


Hasil panen jagung yang melimpah di desa Lengkonglor Kecamatan Ngluyu Kabupaten Nganjuk Jawa Timur merupakan berkah tersendiri bagi masyarakatnya. Jagung selain sebagai bahan makanan pokok sehari-hari juga menjadi mata pencaharian utama masyarakat di daerah tersebut. Namun, hasil panen yang melimpah belum dapat mengangkat taraf perekonomian masyarakat karena harga jual jagung yang relatif murah pada saat panen raya. Kondisi inilah yang mendorong pengabdi untuk memberikan pendampingan dan pemberdayaan masyarakat melalui pengolahan jagung menjadi olahan yang bernilai ekonomis tinggi. Metode pendampingan dan pemberdayaan menggunakan Participatory Action Research melalui tahapan 1) to know; 2) to understand; 3) to plan; 4) to action; dan 5) to reflection. Pendampingan dan pemberdayaan ini menghasilkan 1) Masyarakat memiliki pemahaman cara pengolahan jagung; 2) Terbangunnya sistem pengolahan jagung bagi masyarakat; 3) Kebijakan Pemerintah Desa yang fokus pada pengolahan jagung; dan 4) Olahan jagung yang bernilai ekonomis tinggi, antara lain kopi jagung, jenang jagung, jelly jagung, brownies jagung, marning jagung dengan varian rasa, dan kerajinan tangan dari kulit jagung.

References


CAVELIA, M. P. D. (2019). MINUMAN JAGUNG ALTERNATIF PENGGANTI KOPI: EVALUASI ANTIOKSIDAN DAN SENSORI [PhD Thesis]. Unika Soegijapranata Semarang.

Haryanto, A., Nugroho, A., & Yanuarsari, D. H. (t.t.). PERANCANGAN MEDIA PROMOSI KOPI JAGUNG “CAP NANAS†DI PEKALONGAN.

Krisnamurthi, B. (2010). Manfaat jagung dan peran produk bioteknologi serealia dalam menghadapi krisis pangan, pakan dan energi di indonesia. Prosiding Pekan Serealia Nasional, 1–9.

Nurhayati, N., Asmawati, A., Ihromi, S., Marianah, M., & Saputrayadi, A. (2020). Penyuluhan Gizi dan Pelatihan Pengolahan Produk Berbasis Jagung Sebagai Upaya Meminimalisir Stunting di Desa Labuapi Kabupaten Lombok Barat. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 4(5), 806–817.

Portal Desa Lengkong lor. (t.t.). Diambil 1 Desember 2021, dari https://ngluyu.nganjukkab.go.id/desa/lengkonglor/profil/18

Rahmat, A., & Mirnawati, M. (2020). Model Participation Action Research Dalam Pemberdayaan Masyarakat. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 6(1), 62–71.

Rochani, S. (2007). Bercocok Tanam Jagung. Ganeca Exact.

Siburian, J. (2020). Analisis Pendapatan, Tingkat Efisiensi Usatani Kopi Arabika dan jagung serta Kontribusinya Terhadap Total Pendapatan Usahatani (Studi Kasus: Desa Lumban barat, Kecamatan Paranginan, Kabupaten Humbang Hasundutan).

Wijaya, M. C., Bangsa, P. G., & Malkisedek, M. H. (2019). Perancangan Rebranding Produk" Kopi Jagung Sidomukti" Kota Malang. Jurnal DKV Adiwarna, 1(14), 9.

WP, S. K. (2021). Analisis Perbandingan Implementasi Pendekatan Balanced Scorecard dan Logical Framework Approach Dalam Penyusunan Rencana Strategis (Studi Pada Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia) [PhD Thesis]. Universitas Gadjah Mada.




DOI: https://doi.org/10.33387/pengamas.v6i2.3802

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


e-ISSN: 2622-383X || PengaMAS Stats:

pengaMAS Indexing:

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License