PERBAIKAN TATALAKSANA DAN TINGKAT PRODUKTIVITAS USAHA PENGGEMUKAN SAPI SISTEM KEREMAN DI KECAMATAN KONDA

harapin hafid, La Malesi, Siti Hadrayanti Ananda, Anita Mustika Ibrahim

Abstract


Peternakan Indonesia sejak zaman kemerdekaan sampai saat ini sudah semakin berkembang dan telah mencapai kemajuan yang cukup pesat. Perkembangan ini tentu saja harus diimbangi dengan pengelolaan yang profesional dan disertai dengan tatalaksana yang baik. Kegiatan pengabdian masyarakat ini berjudul Perbaikan Tatalaksana Dan Tingkat Produktivitas Penggemukan Sistem Kereman Di Kelompok Tani Sidomulyo Dan Sumber Agung Di Kecamatan Konda. Permasalahan yang dialami peternak adalah rendahnya produktivitas pertambahan bobot badan harian ternak sapi, kualitas pakan yang rendah bahkan kesehatan ternak sapi. Solusi permasalahan dengan memberikan bimbingan teknis. Luaran yang dapat diperoleh dari kegiatan ini yakni meningkatnya pengetahuan peternak tentang tatalaksana produktivitas penggemukan pada ternak sapi. Metode yang digunakan adalah penyuluhan dan bimbingan teknis pendampingan. Hasil kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat berupa bimbingan teknis mengatasi permasalahan yang selama ini terjadi pada peternak sapi. Materi yang dipaparkan pada bimbingan teknis berupa pemilihan bibit, sistem penggemukan, pakan, perkandangan dan pengendalian penyakit. Disimpulkan bahwa Tatalaksana dan tingkat produktivitas penggemukan sistem kereman dikelompok Tani Sidomulyo Dan Sumber Agung, dipengaruhi oleh beberapa faktor yaitu pakan, sanitasi, dan sistem perkandangan yang diterapkan dalam bentuk manajemen pemeliharaannya. Kurangnya pakan menjadi salah satu kendala dalam pengembangan usaha sehingga sangat diharapkan adanya pengembangan teknologi sederhana dalam meningkatkan kualitas, kuantitas dan kontinuitas pakan, misalnya fermentasi.


References


AAK. 1991. Petunjuk Beternak Sapi Potong Kerja. Penerbit Kanisius. Jakarta.

Aberle, D.E., J.C. Forrest, DE Gerrard and E.W. Mills. 2001. Principles of Meat Science. Fourth Edition. W. H. Freeman and Company. San Fransisco,United States of America.

Abidin, Z. 2002. Penggemukan Sapi Potong. Agro Media Pustaka, Jakarta

Arianto, H. B dan B. Sarwono. 2002. Penggemukan Sapi Potong Secara Cepat. Cetakan I. Penebar Swadaya, Jakarta.

Blakely, J dan D.H. Bade. 1994. Ilmu Peternakan. Gadjah Mada University Press, Yogyakarta. (Diterjemahkan B. Srigandono).

BPS. 1993. Sensus Pertanian. Biro Pusat Statistik. Jakarta.

Darmono.1993. Tatalaksana Sapi Kereman. Kanisius, Yogyakarta

Hafid. H., Hasnudi. H.A. Bain. F. Nasiu., Inderawati. P. Patriani and S.H. Ananda. 2019. Effect of fasting time before slaughtering on body weight loss and carcass percentage of bali cattle. IOP Conf. Series Earth and Environmental Science. Page 1-7.

Hartadi, H. S., S. Reksohadiprodjo dan A. D. Tillman. 1991. Tabel Komposisi Pakan untuk Indonesia. Gadjah Mada University Press, Yogyakarta.

Hafid H. 2008. Strategi Pengembangan Peternakan Sapi Potong Di Sulawesi Tenggara Dalam Mendukung Pencapaian Swasemb ada Daging Nasional. Orasi Ilmiah Pengukuhan Guru Besar. Universitas Haluoleo, Kendari.

Hafid. H. R. E. Gurnadi. R. Priyanto dan A. Saefuddin. 2010. Identification of carcass characteristic for estimating the compotion of beef carcass. J. Indonesian Trop. Anim. Agric. 35 (1): 22-26.

Hafid. H. 2011. Pengantar Evaluasi Karkas. Cetakan Pertama. Unhalu Press, Kendari

Hafid. H. Nuraini. Inderawati dan W. Kurniawan. 2018. Beef cattle characteristic of different butt shape condition. IOP Conf. Series Earth and Environmental Science. 119 012043.

Hafid.H, Nuraini, L.O. Ba’a, La Malesi, S.H. Ananda, P. Patriani. 2020. Peningkatan pengetahuan peternak sapi di Desa Alebo Kecamatan Konda melalui bimbingan teknis cara beternak yang baik. Jurnal PengaMAS 3(2) : 99-108.

Lawrie, R.A. 2003. Ilmu daging. Edisi Ke-5. Diterjemahkan oleh parakkasi, A., dan Y. Amwila. Universitas Indonesia Press, Jakarta.

Siregar, S. B. 2007. Sistem Pemberian Pakan Dalam Upaya Meningkatkan Produksi Susu Sapi Perah. Balai Penelitian Ternak. Ciawi

Sugeng, Y. B. 2000. Sapi Potong. Penebar Swadaya, Jakarta.

Tillman, A. D., H. Hartadi, S. Reksohadi prodjo, S. Prawiro kusumo dan S. Lebdo Soekotjo. 1989. Ilmu Makanan Ternak Dasar. Gadjah Mada University Press, Yogyakarta.




DOI: https://doi.org/10.33387/pengamas.v5i2.3972

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


e-ISSN: 2622-383X || PengaMAS Stats:

pengaMAS Indexing:

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License