PELATIHAN PENGGUNAAN APLIKASI PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS BAGI PARA GURU DAN SISWA DI KOTA TERNATE
Abstract
Teknologi informasi dan komunikasi yang berkembang pesat secara signifikan mempengaruhi dunia pendikan. Penggunaan media pembelajaran berbasis teknologi informasi dan komunikasi dalam pembelajaran Bahasa Inggris sebagai salah satu inovasi dalam pembelajaran sangat membantu guru dan siswa dalam mengoptimalkan proses pembelajarannya. Unutk itu para guru perlu membekali pengetahuan dan keterampilan terkait penggunaan teknologi untuk membantu mereka bersama para siswanya dalam pembelajaran Bahasa Inggris baik di sekolah maupun di rumah. Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) ini diharapkan dapat membekali para guru bahasa Inggris SMA/MA/SMK pengetahuan dan keterampilan terkait penggunaan teknologi aplikasi untuk meningkatkan proses pembelajaran Bahasa Inggris. Metode yang dipakai dalam PkM ini adalah presentasi, demonstrasi, diskusi, dan angket dengan Google Form. Presentasi, demonstrasi, dan diskusi dilakukan pada saat pelaksanaan pelatihan. Sementara survey dengan angket melalui Google Form dilakukan setelah pelaksanaan pelatihan untuk melihat respon peserta terhadap pelaksanaan pelatihan. Hasil PkM dalam bentuk pelatihan penggunaan aplikasi pembelajaran Bahasa Inggris menunjukkan bahwa para peserta sangat antuasias terhadap pelatihan tersebut. Para peserta memandang bahwa pelatihan itu sangat bermanfaat bagi pengembangan professional mereka sebagai guru dan berharap adanya kegiatan PkM selanjutnya dengan melibatkan MGMP Bahasa Inggris sebagai salah satu upaya pengembangan guru yang profesional.
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Kemdikbud. 2014. Permendikbud Nomor 59 Tahun 2014 tentang Kurikulum 2013 Sekolah Menengah Atas/Madrasah Aliyah. Jakarta: Kemendikbud
Puluhulawa, Saud, dan Abas. (November, 2019). Pengembangan Aplikasi Pembelajaran Bahasa Inggris Berbasis Website bagi Siswa Sekolah Menengah atas di Kabupaten Gorontalo (Suatu Analisis Kebutuhan). ORBITH, Vol. 15 No. 3. pp. 103-119.
Shyamlee, S.D. (2012). Use of Technology in English Language Teaching and Learning: An Analysis. IPEDR, Vol. 33, pp. 150-156.
DOI: https://doi.org/10.33387/pengamas.v6i2.4558
Refbacks
- There are currently no refbacks.
e-ISSN: 2622-383X || PengaMAS Stats:
pengaMAS Indexing:
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License