PELATIHAN PENGGUNAAN APLIKASI PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS BAGI PARA GURU DAN SISWA DI KOTA TERNATE

Sutaryo Sutaryo, Saiful Latif, Nurprihatina Hasan, Farida Maricar

Abstract


Teknologi informasi dan komunikasi yang berkembang pesat secara signifikan mempengaruhi dunia pendikan.  Penggunaan  media  pembelajaran berbasis  teknologi  informasi  dan komunikasi  dalam  pembelajaran  Bahasa Inggris  sebagai  salah  satu  inovasi  dalam pembelajaran  sangat  membantu  guru  dan siswa  dalam  mengoptimalkan  proses pembelajarannya. Unutk itu para guru perlu membekali pengetahuan dan keterampilan terkait penggunaan teknologi untuk membantu mereka bersama para siswanya dalam pembelajaran Bahasa Inggris baik di sekolah maupun di rumah. Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) ini diharapkan dapat membekali para guru bahasa Inggris SMA/MA/SMK pengetahuan dan keterampilan terkait penggunaan teknologi aplikasi untuk meningkatkan proses pembelajaran Bahasa Inggris. Metode yang dipakai dalam PkM ini adalah presentasi, demonstrasi, diskusi, dan angket dengan Google Form. Presentasi, demonstrasi, dan diskusi dilakukan pada saat pelaksanaan pelatihan. Sementara survey dengan angket melalui Google Form dilakukan setelah pelaksanaan pelatihan untuk melihat respon peserta terhadap pelaksanaan pelatihan. Hasil PkM dalam bentuk pelatihan penggunaan aplikasi pembelajaran Bahasa Inggris menunjukkan bahwa para peserta sangat antuasias terhadap pelatihan tersebut. Para peserta memandang bahwa pelatihan itu sangat bermanfaat bagi pengembangan professional mereka sebagai guru dan berharap adanya kegiatan PkM selanjutnya dengan melibatkan MGMP Bahasa Inggris sebagai salah satu upaya pengembangan guru yang profesional.


References


Kemdikbud. 2014. Permendikbud Nomor 59 Tahun 2014 tentang Kurikulum 2013 Sekolah Menengah Atas/Madrasah Aliyah. Jakarta: Kemendikbud

Puluhulawa, Saud, dan Abas. (November, 2019). Pengembangan Aplikasi Pembelajaran Bahasa Inggris Berbasis Website bagi Siswa Sekolah Menengah atas di Kabupaten Gorontalo (Suatu Analisis Kebutuhan). ORBITH, Vol. 15 No. 3. pp. 103-119.

Shyamlee, S.D. (2012). Use of Technology in English Language Teaching and Learning: An Analysis. IPEDR, Vol. 33, pp. 150-156.




DOI: https://doi.org/10.33387/pengamas.v6i2.4558

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


e-ISSN: 2622-383X || PengaMAS Stats:

pengaMAS Indexing:

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License