PELATIHAN SIAP ASESMEN PADA KURIKULUM MERDEKA BAGI GURU SMA NEGERI 1 WONOTUNGGAL
Abstract
Kebijakan Kurikulum Merdeka yang belum sepenuhnya dipahami oleh guru dan pendidik di lapagan menjadi kesulitan tersendiri yang dihadapi dalam menyongsong penerapan kurikulum baru ini pada tahun ajaran baru nanti. Salah satu poin penting dalam penerapan kurikulum ini adalah penerapan asesmen dalam proses pemebelajaran. Di SMA N 1 Wonotunggal, guru mengalami kesulitan dalam memahami dan menerapkan asesmen sesuai dengan kebijakan kurikulum yang baru. Mayoritas guru masih menganggap asesmen adalah tes yang dilakukan hanya diakhir pembelajaran, namun faktanya asesmen lebih dari itu. Guru akan dapat mengetahui kebutuhan murid dan memaksimalkan potensi murid dengan menerapkan tahapa asesmen yang tepat dan sesuai. Kegiatan pelatihan siap asesmen pada kurikulum merdeka di SMA N 1 Wonotunggal ini diikuti 26 peserta yang terdiri dari guru – guru di sekolah tersebut. Metode yang digunakan dalam pelatihan ini adalah polysynchronus learning dimana merupakan perpaduan synchronous dan asynchronous learning secara daring dan luring. Tujuan utama dalam kegiatan ini adalah untuk meningkatkan kemampuan guru dalam pembelajran terutama asesmen sesuai kebijakan Kurikulum Merdeka. Kegiatan pelatihan ini berdampak baik pada guru – guru di SMA N 1 Wonotunggal dalam mengembangkan kemampuan mengajar dan metode asesmen. Hal ini ditunjukkan dengan pembuatan kanvas pembelajaran dan asesmen serta latihan praktik mengajar yang dilakukan.  Hal ini juga didukung dengan hasil kuesioner menunjukkan kepuasan guru setelah mendapatkan pelatihan serta menerapkan metode asesmen yang sesuai denagn kebutuhan belajaran murid.
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Aditama, M. G., Prasetyawan Aji Sugiharto, Eki Nurwulandari, & Aisyiah Happy Hardiyani. (2021). Meningkatkan Kemampuan Guru SMK Dalam Pembelajaran Jarak Jauh Melalui In-House Training. BEMAS: Jurnal Bermasyarakat, 2(1), 53–59. https://doi.org/10.37373/bemas.v2i1.130
Aditama, M. G., & Sugiharto, P. A. (2021). Implementation of 5M Strategy in Distance Learning of English Language Teaching (ELT). EDUTEC : Journal of Education And Technology, 5(1), 78–88. https://doi.org/10.29062/edu.v5i1.239
Al-Maroof, R. S., Salloum, S. A., Hassanien, A. E., & Shaalan, K. (2020). Fear from COVID-19 and technology adoption: the impact of Google Meet during Coronavirus pandemic. Interactive Learning Environments. https://doi.org/https://doi.org/10.1080/10494820.2020.1830121
Baishya, D., & Maheshwari, S. (2020). A case study of using edmodo to enhance computer science learning for engineering students. Journal of Emerging Technologies in Learning, 11(1). https://doi.org/https://doi.org/10.3991/ijet.v15i03.11252
Earl, L. (2003). Assessment as Learning: Using Classroom Assessment to Maximise Student Learning. Corwin Press.
Habe, H., & Ahiruddin, A. (2017). Sistem Pendidikan Nasional. Ekombis Sains: Jurnal Ekonomi, Keuangan Dan Bisnis, 2(1), 39–45. https://doi.org/https://doi.org/10.24967/ekombis.v2i1.48
Pendidikan, M. (2019). Merdeka Belajar. Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan.
Prayitno, H. J., Wulandari, M. D., Widyasari, C., Nursalam, N., Malaya, K. A., Bachtiar, F. Y., Hermawan, H., Wulandari, D. T., & Aditama, M. G. (2020). Pemberdayaan Guru dalam Peningkatan Layanan Bimbingan Konseling di SD/MI Muhammadiyah Se-Surakata pada Era Komunikasi Global. Buletin KKN Pendidikan, 2(2), 56–62. https://doi.org/10.23917/bkkndik.v2i2.11853
Ryane, I., & El Faddouli, N. E. (2020). Whatsapp groups in academic context: Exploring the academic uses of whatsapp groups among the students. Contemporary Educational Technology, 15(3). https://doi.org/https://doi.org/10.3991/ijet.v15i03.11252
U. H. Yulianti, N. G. Yulianita, and N. R. (2021). Pelatihan Penyusunan Modul Guna Meningkatkan Kualitas Literasi Bagi Guru Sma Negeri 4 Purwokerto. BEMAS J. Bermasyarakat, 1(2), 88–94. https://doi.org/doi: 10.37373/bemas.v1i2.65.
Windhiyana, E. (2020). Dampak Covid-19 Terhadap Kegiatan Pembelajaran Online di Perguruan Tinggi Kristen di Indonesia. Perspektif Ilmu Pendidikan, 34(1), 1–8. https://doi.org/https://doi.org/10.21009/pip.341.1
Y. Yulmi. (2021). Peningkatan kemampuan guru dalam menyusun kelengkapan mengajar melalui in house training. JPGI (Jurnal Penelitian Guru Indonesia), 6(1), 136–141. https://doi.org/DOI: https://doi.org/10.29210/02823jpgi0005.
Zhafira, N. H., Ertika, Y., & C. (2020). Daring Sebagai Sarana Pembelajaran Selama Masa Karantina Covid-19. Jurnal Bisnis Dan Kajian Strategi Manajemen, 4(1), 37–45. https://doi.org/https://doi.org/https://doi.org/10.35308/jbkan.v4i1.1981
DOI: https://doi.org/10.33387/pengamas.v6i2.4793
Refbacks
- There are currently no refbacks.
e-ISSN: 2622-383X || PengaMAS Stats:
pengaMAS Indexing:
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License