BIMBINGAN TEKNIS PEMBUATAN TELUR ASIN BAGI MASYARAKAT DESA LIPU MASAGENA KECAMATAN BASALA KABUPATEN KONAWE SELATAN

harapin hafid, Rachmita Dewi S. Toba, Arby.in Pratiwi, Siti Hadrayanti Ananda, Achmad Selamet Aku, Eko Harianto

Abstract


Telur asin merupakan salah satu produk pangan asal ternak yang banyak digemari oleh masyarakat karena nilai gizi yang tinggi, ekonomis, dan mudah diperoleh di sekitar kita. Memberikan pelatihan untuk meningkatkan penganekaragaman produk peternakan dan pendapatan masyarakat dilakukan dengan mengedukasi masyarakat untuk membuat telur asin. Melalui kegiatan pelatihan ini, masyarakat khusunya ibu-ibu Desa Lipu Masagena diajari memilih bahan dan cara pengolahan telur asin. Hasil kegiatan menunjukkan semangat dan kemauan peserta untuk menerapkan pembuatan produk di rumah masing-masing. Kegiatan pelatihan ini sangat dibutuhkan oleh masyarakat dan dapat menambah pengetahuan dan keterampilan mereka. Masyarakat berharap kegiatan ini dapat berlanjut secara berkala seperti yang menjadi target Universitas Halu Oleo dengan berbagai jenis produk


References


Hafid, H., 2017. Pengantar Pengolahan Daging: Teori dan Praktik. Cetakan Pertama, Penerbit Alfabeta, Bandung.

Hafid H, Nuraini, R. Aka, N.S. Asminaya, Fitrianingsih, A.B. Kimestri, R.D.S. Toba, 2020. Pelatihan Pembuatan Telur Asin Herbal Pendukung Kebugaran Pada Masa Pandemi Covid-19 di Kelurahan Mataiwoi. Jurnal Pengabdian Masyarakat Ilmu Terapan. 2, (2) : 93-98.

Hafid, H, P. Patriani. 2021. Teknologi Pasca Panen Peternakan. Cetakan Pertama. Penerbit Widina Bhakti Persada, Bandung

Hafid H, R.D.S. Toba, A.Pratiwi, S.H. Ananda. 2022. Bimbingan pengolahan abon itik dengan penambahan buah nangka bagi kelompok PKK di Kelurahan Kambu Kota Kendari. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat (JAPIMAS). 1(2) : 37-40.

Hafid H, L. Malesi, S.H. Ananda, A.M. Ibrahim. 2022. Perbaikan tatalaksana dan tingkat produktivitas usaha penggemukan sapi sistem kereman di kecamatan Konda. Jurnal PengaMAS 5(2) : 131-142

Nurrahmawati, K. 2011. Uji protein dan kalsium pada telur asin hasil pengasinan menggunakan abu pelepah kelapa dan perendaman dalam larutan teh berbagai konsentrasi. Skripsi tidak diterbitkan. IAIN Walisongo : Semarang.

Putri, M. F. 2022. Telur asin sehat rendah lemak tinggi protein dengan metode perendaman jahe dan kayu secang. Jurnal Kesejahteraan Keluarga dan Pendidikan. Hal. 93-10.

Sabar, W. P dan Parnanto, N. H. R., 2015,. Peningkatan usaha telur asin asap. Jurnal Ivovasi dan Kewirausahaan. No. 2(4): 87-93.




DOI: https://doi.org/10.33387/pengamas.v6i2.5778

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


e-ISSN: 2622-383X || PengaMAS Stats:

pengaMAS Indexing:

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License