SOSIALISASI PENGGUNAAN APLIKASI CANVA SEBAGAI MEDIA PROMOSI KESEHATAN DI RSIA DR. HJ. KARMINI KOTA TASIKMALAYA MENYASAR PASIEN DAN MASYARAKAT

Tony Prabowo

Abstract


Dalam era digital yang semakin maju seperti sekarang ini, media digital menjadi sarana yang efektif untuk menyampaikan informasi kepada masyarakat. Salah satu aplikasi yang sangat populer untuk membuat desain grafis adalah Canva. Canva adalah sebuah platform yang memungkinkan pengguna untuk membuat desain visual yang menarik dan profesional tanpa perlu memiliki keahlian desain yang mendalam. Dalam konteks rumah sakit, Canva dapat digunakan sebagai alat untuk menciptakan materi promosi kesehatan di rumah sakit yang menarik dan mudah dipahami seperti membuat poster, flyer, brosur, infografis, sehingga dapat menyampaikan pesan-pesan penting mengenai kesehatan kepada pasien masyarakat. Tujuan dari sosialisasi ini yaitu menjelaskan sasaran yang bisa digunakan dalam promosi kesehatan, mengenalkan tentang aplikasi canva dalam promosi kesehatan dan menentukan media sosial yang akan dijadikan media promosi kesehatan. Metode yang digunakan adalah metode dengan memberikan ceramah dan diskusi tentang peningkatkan pengetahuan promosi kesehatan di rumah sakit. Dengan demikian hasil dari upaya promosi kesehatan di RSIA dr. Hj. Karmini dapat menjadi salah satu strategi yang efektif dalam meningkatkan kesehatan masyarakat secara menyeluruh sehingga media sosial dapat memainkan peran penting dalam mempromosikan rumah sakit dengan memanfaatkan platform seperti Facebook, Instagram, dan Tiktok.


References


Ardian, I. (2014). Langkah-langkah merencanakan penggunaan media promosi kesehatan dalam lingkup kesehatan reproduksi. Keperawatan Tropis Papia, 1–16.

Gaol, R. E. Y. L. (2018). Gambaran Perilaku Petugas Promosi Kesehatan dalam Pelaksanaan Program Promosi Kesehatan di Puskesmas Kota Medan. https://repositori.usu.ac.id/handle/123456789/11295

Indika, D. R., & Jovita, C. (2017). MEDIA SOSIAL INSTAGRAM SEBAGAI SARANA PROMOSI UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELI KONSUMEN. Jurnal Bisnis Terapan, 1(01), 25–32. https://doi.org/10.24123/JBT.V1I01.296

Permenkes RI No. 4 Penyelenggaraan Promosi Kesehatan, (2018).

Permenkes RI No. 44 Penyelenggaraan Promosi Kesehatan Rumah Sakit, (2018).

Permenkes RI Pasal 8 Manajemen Promosi Kesehatan Rumah Sakit, (2018).

Kurniawan, P. (2017). PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL INSTAGRAM SEBAGAI KOMUNIKASI PEMASARAN MODERN PADA BATIK BURNEH. Competence : Journal of Management Studies, 11(2). https://journal.trunojoyo.ac.id/kompetensi/article/view/3533

Maritska, Z., Prananjaya, B. A., Nabila, S. P., & Parisa, N. (2023). Promosi Kesehatan Jiwa Berbasis Media Sosial (Instagram Live) Bagi Masyarakat di Masa Pandemi COVID-19. Wal’afiat Hospital Journal,. https://whj.umi.ac.id/index.php/whj/article/view/98/67

Pengaruh, A., Pelayanan, K., Kepuasan, T., Kepercayaan, D., Brahma, K., & Wididana, S. (2016). ANALISIS PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN DAN KEPERCAYAAN PASIEN RUMAH SAKIT UMUM SHANTI GRAHA BULELENG. Jurnal Ekonomi & Bisnis JAGADITHA, 3(1), 78–93. https://doi.org/10.22225/JJ.3.1.125.78-93

Prasanti, D., & Ikhsan Fuad. (2018). PEMANFAATAN MEDIA KOMUNIKASI DALAM PENYEBARAN INFORMASI KESEHATAN KEPADA MASYARAKAT (Studi Kualitatif tentang Pemanfaatan Media Komunikasi dalam Penyebaran Informasi Kesehatan di Desa Cimanggu, Kab. Bandung Barat). REFORMASI, 8(1), 8–14. https://jurnal.unitri.ac.id/index.php/reformasi/article/view/921

Wulandari, Z., Alam, A., Tyas, G. P., & Syahidah, Y. (2021). Webinar Dan Pelatihan Digital Marketing sebagai upaya meningkatkan promosi produk UMKM. Jurnal Pengabdian UntukMu NegeRI, 5(2), 45–51. https://doi.org/10.37859/JPUMRI.V5I2.3055




DOI: https://doi.org/10.33387/pengamas.v7i1.6483

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


e-ISSN: 2622-383X || PengaMAS Stats:

pengaMAS Indexing:

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License