PELATIHAN PEMBUATAN TEPUNG SUKUN DI PADA IBU-IBU PKK DESA MAITARA, KECAMATAN TIDORE UTARA, TIDORE KEPULAUAN

Erna Rusliana Muhamad Saleh, Eka Ulandari Banyal, Fendi Ahmad Taib, Muhammad Sardi Ridwan

Abstract


Desa Maitara merupakan salah satu desa di Kecamatan Tidore Utara dengan penduduk bermata pencaharian petani, nelayan dan buruh. Tingkat pendidikan masyarakatnya yaitu rata-rata berada pada tingkat rendah dan keterampilan terbatas. Ini membuat kehidupan ekonomi masyarakat Desa Maitara Kota Tidore Kepulauan memiliki pendapatan rendah. Padahal Desa Maitara memiliki potensi alam seperti sukun yang memungkinkan untuk memperbaiki kehidupan ekonominya. Tujuan dilakukannya kegiatan ini melakukan transfer teknologi tentang teknologi pengolahan tepung sukun sesuai dengan standard Good Manufacturing Poduct pada masyarakat Desa Maitara khusunya ibu-ibu PKK dan remaja putrid dan melakukan pendampingan desain kemasan yang sesuai standard kemasan pangan. Pelatihan diberikan kepada 20 orang ibu-ibu PKK dan remaja putri di Desa Maitara.  Hasil pelatihan menunjukkan bahwa ibu-ibu PKK yang awalnya 100% belum tahu cara pembuatan, setelah diberi pelatihan maka 100% telah mengetahui cara pembuatan tepung sukun. Pelatihan ini membuka wawasan peserta bahwa pembuatan tepung sukun itu mudah.  Hal ini terlihat dari hasil test yang diberikan. Pada awalnya sebelum pelatihan, 70% peserta menganggap pembuatan tepung sukun itu sulit. Setelah pelatihan hanya tinggal 10% yang menganggap pembuatan selai itu sulit. Secara umum, 90% peserta merasa puas dengan pelatihan ini.

References


Notosusanto, A. 2014. Sukun Kota Ternate: Sumber Pangan yang Belum Tergarap. [Diakses dari http://andrikonotosusanto.blogspot.com/2014/03/sukun-kota-ternate-sumber-pangan-yang.html pada Juli 2023]

Rahmadina, E. 2022. Potensi Sukun (Amo) Sebagai Daya Tarik Wisata Kuliner Di Desa Maitara Induk (Doctoral dissertation, Universitas Khairun).

Saepudin, L., Setiawan, Y., & Sari, P. D. 2017. Pengaruh perbandingan substitusi tepung sukun dan tepung terigu dalam pembuatan roti manis. AGROSCIENCE, 7(1), 227-243.

Samili, A. O. 2018. Pemetaan Kehidupan Sosial Ekonomi Masyarakat Nelayan Di Pulau Maitara Kota Tidore Kepulauan Provinsi Maluku Utara. Jurnal Geocivic, 1(2), 71-76.

Sukandar, D., Muawanah, A., & Amelia, E. R. 2014. Karakteristik cookies berbahan dasar tepung sukun (Artocarpus communis) bagi anak penderita autis. Valensi Vol. 4 No. 1, Mei 2014 (13-19)




DOI: https://doi.org/10.33387/pengamas.v6i3.6835

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


e-ISSN: 2622-383X || PengaMAS Stats:

pengaMAS Indexing:

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License