PENGEMBANGAN SISTEM INFORMASI PEMASARAN BATIK TULIS LASEM “LARAS WASTRA†BERBASIS DIGITAL
Abstract
ABSTRAK
UMKM (Usaha Mikro, Kecil dan Menengah) adalah usaha produktif milik perorangan maupun perusahaan yang memenuhi kapabilitas usaha mikro. Pada program pengabdian masyarakat yang dilakukan Oleh Universitas YPPI Rembang yang berlokasi di UMKM Batik “LARAS WASTRA†masih menghadapi banyak kendala, antara lain kesulitan dalam memasarkan produknya, karena minimnya pemanfaatan teknologi informasi untuk mendukung pemasaran online. Pemasaran saat ini menggunakan cara-cara tradisional seperti promosi dari mulut ke mulut, partisipasi dalam berbagai pameran-pameran daerah. Bahkan dalam situasi pemasaran seperti ini, sebagian besar pelanggan masih berada di luar Rembang seperti di daerah Semarang dan Jakarta. ini membatasi jumlah produk batik yang dihasilkan Keadaan setiap bulannya. Wawancara Kegiatan pengabdian langsung kepada UMKM dan evaluasi langsung pada UMKM Hasil kegiatan pengabdian ini diawali dengan kegiatan persiapan meliputi kegiatan survei lokasi, pra survei, dan sosialisasi kegiatan. Pelaksanaan Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat Pendampingan kepada UMKM untuk pembuatan akun instagram bisnis, membuat marketplace di facebook, pelatihan canva, dan membuat fanpage facebook. Program pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk mengoptimalkan pemasaran digital untuk pengembangan UMKM batik tulis “LARAS WASTRA†di Lasem. Dengan menggunakan metode digital marketing seperti Instagram bisnis, Facebook Marketplace, Canva, dan Facebook Fanpage, UMKM diharapkan dapat meningkatkan promosi dan penjualan produk batik tulis.
Â
Kata Kunci : UMKM, laras wastra, pemasaran digital, batik tulis, pengabdian masyarakat
DOI: https://doi.org/10.33387/pengamas.v7i2.7408
Refbacks
- There are currently no refbacks.
e-ISSN: 2622-383X || PengaMAS Stats:
pengaMAS Indexing:
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License