PENDAMPINGAN PRAKTIKUM KIMIA VIRTUAL CHEM-LAB DAN PENYUSUNAN PANDUAN BERBASIS BAHAN LOKAL MALUKU UTARA
Abstract
Pengabdian pada masyarakat ini bertujuan untuk memberikan pendampingan kepada siswa melakukan praktikum kimia tanpa akses internet dengan menggunakan aplikasi Chemlab. Kegiatan ini dilakukan di SMAN 10 Kota Ternate. Teknologi yang digunakan dalam kegiatan pengabdian ini adalah komputer, LCD kegiatan ini dilakukan menggunakan metode pendampingan secara langsung. Instrumen yang digunakan yaitu angket respon siswa menggunakan skala 1-4. data dianalisis secara deskriptif tiap indikator. Hasil dari kegiatan ini adalah adanya transfer pengetahuan dan skill kepada siswa. Respon siswa diperoleh sebanyak 89% siswa memberikan respon setuju aplikasi chemlab dapat dijadikan media pembelajaran kimia, sebanyak 89% siswa setuju mudah mengidentifikasi bentuk dan ukuran alat praktikum, kemudahan mengambil data praktikum, serta kemudahan menganalisis hasil praktikum dengan, sebanyak 75% siswa memberikan respon setuju tidak mengalami kesulitan menggunakan chemlab, 93% siswa memberikan respon setuju jika aplikasi chemlab lebih ramah lingkungan, praktikum kimia dengan menggunakan chemlab lebih aman, sebanyak 87% siswa memberikan respon setuju jika siswa menyelesaikan praktikum dengan sukses.
References
Ahdila, A,I., Masykuri, M., dan Hastuti, B 2022. Efektivitas Pemanfaatan Laboratorium Dalam Pembelajaran Kimia di SMA Negeri 2 BOYOLALI. Jurnal Pendidikan Kimia, 11(2) 205-210
Anggraini, T., Nurhamidah., Rohiat, S . 2022. Analisis Hubungan Pelaksanaan Pratikum Terhadap Hasil Belajar Kimia Siswa Sma Negeri di Kota Bengkulu. Alotrop, Jurnal Pendidikan dan Ilmu Kimia, 6(1): 28-34.
Bahriah, E,S., dan Abadi, S,M. 2016. Motivasi Belajar Siswa Pada Materi Ikatan Kimia Melalui Metode Praktikum. Educhemia (Jurnal Kimia dan Pendidikan). 1(1). 86-97.
Candra, R., dan Hidayati, D. 2020. Penerapan Praktikum dalam Meningkatkan Keterampilan Proses dan Kerja Peserta Didik di Laboratorium IPA. EDUGAMA: Jurnal Kependidikan dan Sosial Keagamaan. 6(1), 26-37.
Jannah, F, F.,, Khamidinal, Suprihatiningrum, J. 2020. Pengembangan Media Virtual Lab sebagai Alternatif Praktikum Kimia dalam Pembelajaran Daring di Masa Pandemi COVID-19. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia. 16(2), 97-103
Kartika, H. S., Harjono, Sumarni, W., dan Murbangun. 2019. Kontribusi virtual laboratory pada pembelajaran titrasi asambasa dengan predict-observe-explain terhadap hasil belajar dan keterampilan berpikir kritis. Jurnal Phenomenon, 09(2), 190–205.
Lestari., Aprilia, L.,, Fortuna, N., Cahyo, R,N., Fitriani, S…., dan Kusumaningtyas, P. 2023. Review: Laboratorium Virtual untuk Pembelajaran Kimia di Era Digital. Jambura Journal of Educational Chemistry 5(1). 1-10
Musa, W,J,A., Mantuli, M.., dan Tang, J.S. 2023. Identifikasi Pemahaman Konsep Tingkat Representasi Makroskopik, Mikroskopik, dan Simbolik pada Materi Ikatan Kimia. Jambura Journal of Educational Chemistry. Jambura Journal of Educational Chemistry. 5(1). 52-59.
Muttaqin, M., Simarmata, J., Subakti, H., Abi Hamid, M., Tamrin, A. F., Mahartika, I., ... & Purwanti, E. (2023). Digital Learning. Medan.Yayasan Kita Menulis.
Ramadhani, P., Farma, S,A., Fuadiyah, S, dan Yogica, R. 2021. Laboratorium Virtual sebagai Langkah Memaksimalkan Skill Keterampilan Siswa. Prosiding SEMNAS BIO. 1(1). 791-798. DOI: https://doi.org/10.24036/prosemnasbio/vol1/102.
Sandy, K., dan Fatisa, Y. 2023. Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Materi Larutan Penyangga Menggunakan Metode Praktikum Virtual. Journal of chemistry education and integration. 2(1), 50-57 . DOI: 10.24014/JCEI.v2i1.21650
Setiawati, A., Ajizah, D. N., Anisa, N. N., Ambarwati, P., Izzati, Z. A. N., & Erika, F. 2021. The 21st century skills on chemistry learning based on virtual lab in senior high school. JPPS (Jurnal Penelitian Pendidikan Sains), 27–39.
Sukmawati, W. 2019. Analisis level makroskopis, mikroskopis dan simbolik mahasiswa dalam memahami elektrokimia. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 5 (2), 195-204
Yuliana., Hala, Y., dan Taiyeb, A, M. 2017. Efektifitas Penggunaan Laboratorium Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar Ipa Peserta Didik Smpn 3 Palakka Kabupaten Tulang. Jurnal Nalar Pendidikan. 5(1). 39-45. DOI: https: //doi.org/10.26858/jnp.v5i1.3278
DOI: https://doi.org/10.33387/pengamas.v7i3.8598
Refbacks
- There are currently no refbacks.
e-ISSN: 2622-383X || PengaMAS Stats:
pengaMAS Indexing:
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License