PELATIHAN PERBANYAKAN PARASITOID Leefmansia bicolor, UNTUK MENGENDALIKAN HAMA Sexava Sp DI DESA DARU, KECAMATAN KAO UTARA KABUPATEN HALMAHERA UTARA

Sunarno Sunarno

Abstract


Pelatihan perbanyakan  parasitoid  Leefmansia Bicolor, Untuk Mengendalikan Hama Sexava Sp di Desa Daru, Kecamatan Kao Utara Kabupaten Halmahera Utara. Perserta dari pelatihan ini  adalah Kelompok Tani Mulaman Jaya dan Kelompok Tani Jobubu. Pelatihan ini bertujuan terbangunnya paradigma dan pengetahuan dari kedua kelompok tani desa Daru untuk dapat mengurangi dan menghentikan pemakaian pestisida berbahan kimia, terbangunnya paradigma dan pengetahuan dari kedua kelompok tani dalam hal pengendalian biologi Hama Sexava sp, kelompok tani dapat mengisolasi dan memperbanyak leefmansia bicolor, adanya pendampingan yang dilakukan oleh instansi terkait tentang pengendalian hama sexava sp. Dalam rangka mewujudkan tujuan diatas dan mengatasi permasalahan yang dihadapi Mitra, maka beberapa kegiatan yang merupakan solusi yang disepakati bersama untuk   dilakukan   adalah  Meningkatkan  pengetahuan  tentang  bahaya  pemakaian  pestisida berbahan kimia secara terus-menerus, meningkatkan kemampuan dalam hal teknik pengendalian biologi yang ramah lingkungan, memberikan pelatihan tentang teknik  mengisolasi dan memperbanyak leefmansia bicolor serta cara penyebaranya di lapangan, membangun  kerjasama  dengan  Instansi  terkait  (Badan  Penyuluh  Pertanian, Dinas Pertanian,)  untuk mendapatkan pendampingan secara intensif, dan meningkatkan   pengetahuan   tentang   bahaya pemakaian pupuk dan pestisida kimia. Kegiatan PKM ini sudah berlansung selama 8 bulan sesuai yang direncanakan, dari kegiatan yang sudah berlangsung bisa disimpulkan bahwa pengetahuan ke-2 anggota kelompok tani mulai terbangun dan mengerti akan bahaya serta resiko penggunaan pestisida kimia, ke-2 anggota kelompok tani sudah dapat mengetahui tentang habitat atau ekologi dari hama sexava sp dan parasit leefmansia bicolor, sudah dapat menangkap dan memelihara hama sexava sp dalam kandang pemeliharaan, kedua kelompok tani juga sudah dapat memperbanyak parasit leefmansia bicolor dalam tahap penginfeksian leefmansia bicolor ke telur sexava sp. Dari pelatihan ini di harapkan  ke 2 anggota kelompok tani ini dapat memperbanyak parasit secara mandiri sehingga pengendalian  yang  ramah lingkungan demi menjaga kesehatan petani sendiri, orang lain dan lingkungannya dapat terwujud.

 


References


Alan Lalisang, Betsy A.N. Pinaria, Moulwy F. Dien, Caroulus S. Rante, 2015. Parasitisasi (leefmansia bicolor ) Terhadap Telur Sexava Nubila Stal (Ortopthera, Tettigonidae ) Pada Tanaman Kelapa di Pulau Salibabu, Kabupaten Kepulauan Talaud.

Jois Tjey.2014. Studi pemberdayaan Petani Kelapa di Desa Gamsungi Kecamatan SahuTimur Kabupaten Halmahera Barat.

Michellia Darwis, 2006. Upaya Pengendalian Hama Sexava spp. Secara Terpadu, Balai Penelitian Tanaman Obat dan Aromatik. Bogor

Sunarno, 2013. Pengendalian Hayati (Biologi Control ) Sebagai Salah satu Komponen Pengendalian Hama Terpadu (PHT). Jurnal Lintas Ilmu,Universitas Halmahera.




DOI: https://doi.org/10.33387/pengamas.v1i2.905

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


e-ISSN: 2622-383X || PengaMAS Stats:

pengaMAS Indexing:

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License