PENANGANAN GANGGUAN REPRODUKSI SAPI DI DESA PASSIPPO KECAMATAN PALAKKA KABUPATEN BONE

Sahiruddin Sahiruddin, Abd Latief Toleng, Muhammad Yusuf, Farida Nur Yuliati, Zulkharnaim Zulkharnaim, Jasmal A Syamsu

Abstract


Kabupaten Bone merupakan wilayah yang tergolong potensial untuk pengembangan ternak sapi dengan daya dukung lahan yang cukup tinggi untuk ketersediaan pemanfaatan lahan hijauan ternak dan limbah jerami padi. Usaha pemeliharaan sapi sudah sejak lama dilakukan, mulai dari usaha sampingan maupun sebagai penghasilan utama. Beberapa masalah yang dihadapi oleh peternak di lapangan seperti munculnya gangguan reproduksi ternak, wawasan tentang manajemen pemeliharaan minim dan gangguan penyakit menjadi penyebab rendahnya produktivitas ternak yang dihasilkan. Ipeks bagi Masyarakat (IbM) sebagai kegiatan pengadian masyarakat merupakan sarana yang efektif untuk melakukan pendampingan terhadap kelompok tani ternak. Kegiatan ini dilakukan dalam dua tahap yaitu, sosialisasi pelaksanaan kegiatan yang dirangkaiakan dengan Focus Group Discussions (FGD) sebagai tahap awal. Selanjutnya tahap kedua adalah penyuluhan dan pelatihan teknis. Materi penyuluhan meliputi gangguan reproduksi ternak, manajemen pemeliharaan dan penanganan kesehatan ternak. Sebagai tambahan dilakukan pelatihan teknis tentang formulasi fermentasi jerami padi sebagai pakan ternak dengan melibatkan semua anggota kelompok mitra.

 


References


Badan Pusat Satistik Bone, 2016. Kabupaten Bone dalam Angka, Bone

Dinas Peternakan Bone, 2015.www.disnak.bone.go.id,diakses 10 Maret 2017.

Hakim, L., Suyadi., V.M.A. Nurgiartiningsih., Nuryadi dan T. Susilawati. 2007. Model Rekording dan Pengolahan Data untuk Program seleksi Sapi Bali. Sains Peternakan Vol. 5 (2) : 39-46.

Nuryadi danWahjuningsih, S. 2011. Penampilan Reproduksi Sapi Peranakan Ongole dan Peranakan Limousin di Kabupaten Malang. J. Ternak Tropikal 12 (1): 76-81

Syamsu, J.A., L.A. soyan., K. Mudikjo dan E.G. Said. 2003. Daya dukung limbah Pertanian sebagai sumber pakan Ternak ruminansia di Indonesia. Wartazoa. Vol. 13 (1).

Tillman, A.D.H., Hartadi., S. Reksohadiprojo., S. Prawiro Kusumo dan S. Lebdosoekojo. 1991. Ilmu Makanan Ternak Ruminansia. Fakultas Peternakan Universitas Gajah Mada, Yogyakarta.




DOI: https://doi.org/10.33387/pengamas.v1i2.906

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


e-ISSN: 2622-383X || PengaMAS Stats:

pengaMAS Indexing:

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License