PEMBUATAN PROTOTIPE GANTUNGAN KUNCI BERBASIS CITRA LANDMARK KAWASAN SEBAGAI MEDIA PROMOSI WISATA GILI KETAPANG
Sari
Pengembangan produk souvenir khas merupakan salah satu strategi penting untuk memperkuat identitas dan promosi pariwisata lokal. Pulau Gili Ketapang belum memiliki souvenir khas yang dapat merepresentasikan kekhasan wilayahnya sebagai daya tarik wisata. Kegiatan pengabdian masyarakat ini bertujuan membuat prototipe gantungan kunci berbasis citra landmark lokal sebagai media promosi wisata. Metode yang digunakan meliputi observasi lapangan, wawancara dengan tokoh masyarakat dan pelaku wisata, pembuatan desain menggunakan platform Canva, serta pencetakan prototipe gantungan kunci melalui percetakan profesional. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa elemen visual seperti perahu nelayan, laut biru, dan tulisan “Gili Ketapang” dapat dijadikan ikon souvenir yang menarik dan representatif. Produk prototipe telah diserahkan kepada BUMDes sebagai mitra pengelola ekonomi kreatif desa. Kegiatan ini meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya media promosi visual dan membuka peluang pengembangan produk souvenir lain. Upaya keberlanjutan telah dirancang melalui penyerahan file desain, rencana pengembangan lini usaha souvenir oleh BUMDes, serta promosi digital. Simpulan menunjukkan bahwa pengembangan souvenir berbasis potensi lokal mampu mendukung daya saing pariwisata dan ekonomi kreatif di Gili Ketapang.
Referensi
Aggraeni, D. A. (2022). Studi Potensi Pengembangan dan Kendala Pulau Gili Ketapang Sebagai Tujuan Wisata Halal. Jurnal Sosial Teknologi, 2(1). https://doi.org/10.59188/jurnalsostech.v2i1.283
Evalina, N., Abduh, R., & Arfis, A. (2019). Pembuatan Gantungan Kunci Dari Bahan Resin di Desa Jaharun A. Prosiding Seminar Nasional Kewirausahaan, 1(1).
Ferlina, A., Trenggana, M., Adriani, H., & Halim, H. (2024). Digitalisasi Tourism. https://www.researchgate.net/publication/379431682
Harmunisa, Y. R., & Subiyantoro, H. (2022). Pemberdayaan Masyarakat dalam Pembuatan Peta Wisata dan Penunjuk Jalan (Sign Systems) di Kawasan Desa Wisata. Bubungan Tinggi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(4). https://doi.org/10.20527/btjpm.v4i4.6134
Hidayati, N., & Hery, S. P. (2015). Deteksi Perubahan Garis Pantai Pulau Gili Ketapang Kabupaten Probolinggo. Seminar Nasional Perikanan Dan Kelautan V.
Rejokirono, Kartono, Suryantari, D., Basman, B., & Mulyono, R. (2023). Pelatihan Pembuatan Gantungan Kunci dari Bahan Plastik dengan Memasukan Unsur Sastra (Puisi) dalam Bahasa Indonesia. Buletin Pengabdian Multidisiplin, 1(1). https://doi.org/10.62385/budimul.v1i1.42
Rizky, A. F., Hamid, D., & Hakim, L. (2016). Peran Serta Masyarakat Desa dalam Inisiasi Pengembangan Wisata Alam Desa Wringinanom Kecamatan Poncokusumo Kabupaten Malang. In Jurnal Administrasi Bisnis (JAB)|Vol (Vol. 30, Issue 1).
Rudianto, Rijal, S. S., & Setyawan, F. O. (2021). Planning policy formulation of coastal area in Gili Ketapang Island, Probolinggo, East Java. IOP Conference Series: Earth and Environmental Science, 716(1). https://doi.org/10.1088/1755-1315/716/1/012081
Sabri, J. (2020). Perwujudan Industri Pariwisata 4.0 melalui Implementasi Digital Tourism di Kota Lhokseumawe. In Jurnal Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Malikussaleh (JSPM) (Vol. 1, Issue 1). http://bit.ly/voteaceh
Sudiantini, D., & Riyandito, M. R. (2022). Tourism Destination Development Strategy using the SWOT Analysis Method. JURNAL AKUNTANSI, MANAJEMEN DAN EKONOMI, 24.
DOI: https://doi.org/10.33387/pengamas.v8i2.9989
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
e-ISSN: 2622-383X || PengaMAS Stats:
pengaMAS Indexing:

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License



