Deteksi Tingkat Osteoporosis Pada Vertebra Spinalis Menggunakan Index-Singh

Muhammad Sadikin, Imamul Muttakin, Siswo Wardoyo, Teguh Firmansyah, Ibrahim Nawawi

Abstract


Untuk mendeteksi tingkat osteoporosis biasanya dipergunakan perangkat Dual Energi X-Ray Absorptiometri (DEXA). Akan tetapi, karena harga dan biaya operasionalnya yang tinggi, maka perangkat DEXA sangat jarang dipergunakan. Untuk memberikan solusi tersebut maka pada penelitian ini dilakukan kuantisasi data dengan bantuan aplikasi perangkat lunak komputer, yang berupa algoritma pengolahan citra digital untuk meningkatkan kualitas citra (Image Enhacement), konvolusi dua dimensi, penghalusan, dan penajaman citra, serta deteksi tepian pada trabekula sinar x-ray vertebra spinal. Hasil dari penelitian ini menunjukkan metode Index Singh pada citra x-ray vertebra spinalis dapat digunakan untuk pengurutan dan pengelompokkan pixel putih dalam deteksi tingkat osteoporosis. Jumlah pixel putih pada perhitungan berdasarkan luas kolom dan baris area merupakan dari jumlah keraptan atau kepadatan dari massa tulang vertebra spinalis. Dari 50 sempel uji citra x-ray pixel putih tertinggi adalah 7.983 pixel dan pixel putih terendah adalah 5.410 pixel.

Keywords


osteoporosis, pengolahan citra, vertebra spinal

References


Y. Syam, D. Noersasongko, and H. Sunaryo, “Fraktur Akibat Osteoporosis,†e-Clinic (eCl), vol. 2, no. 2, pp. 1–6, 2000.

Kementerian Kesehatan, infodatin-osteoporosis.pdf. Jakarta, 2015.

M. R. Syahputra, U. Sunarya, and E. Susatio, “Deteksi Osteoporosis Berbasis Analisis Tekstur dengan Menggunakan Android,†Telkom University, 2014.

M. Ramadani, “Faktor-Faktor Resiko Osteoporosis dan Upaya Pencegahannya,†J. Kesehat. Masy., vol. 4, no. 2, pp. 111–115, 2010.

Wiyono; Budi Nugroho; Siswo Wardoyo; Teguh Firmansyah, “Analisa Citra X-Ray Tulang Vertebra Spinal Menggunakan Komparasi Pixel Biner Untuk Deteksi Osteoporosis,†NCIEE, pp. 1–5, 2016.

V. C. M. Koot, S. M. M. J. Kesselaer, G. J. Clevers, and T. Weits, “Evaluation of The Singh Index For Measuring Osteoporosis,†vol. 78, no. September, pp. 0–3, 1996.

C. Umam, “Deteksi Osteoporosis Dengan Metode Template Matching pada Citra Sinar Rontgen Tulang Panggul,†Universitas Dian Nuswantoro Semarang, 2015.

H. Rosidi, “Hubungan Antara Gambaran Singh Index Dengan Umum Orang Makassar, Indonesia,†Universitas Hasanuddin, 2007.

O. Hauschild, N. Ghanem, M. Oberst, T. Baumann, P. C. Kreuz, M. Langer, N. P. Suedkamp, and P. Niemeyer, “Evaluation of Singh index for assessment of osteoporosis using digital radiography,†vol. 71, pp. 152–158, 2009.




DOI: https://doi.org/10.33387/protk.v4i1.324

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Muhammad Sadikin, Imamul Muttakin, Siswo Wardoyo, Teguh Firmansyah, Ibrahim Nawawi





Editorial Office :
PROtek : Jurnal Ilmiah Teknik Elektro
Department of Electrical Engineering. Faculty of Engineering. Universitas Khairun.
Address: Jusuf Abdulrahman 53 Gambesi, Ternate City, Indonesia.
Email: protek@unkhair.ac.id, WhatsApp: +6282292852552
Creative Commons License This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

View Stat Protek