Rancang Bangun Pengendali Adaptif Untuk Menjaga Stabilitas Jaringan Akibat Beban Lebih Peralatan Listrik Rumah Tangga

Suhendar Suhendar, Anggoro Suryo Pramudyo, Pances Pances Pakpahan

Abstract


Pada saat ini kebutuhan akan energi listrik merupakan hal yang mutlak, hampir keseluruhan peralatan dalam rumah tangga menggunakan energi listrik. Sehingga saat penggunaan beban puncak, sering terjadi trip pada kWh meter yang mengakibatkan pemutusan mendadak pada peralatan listrik. Untuk itu perlu adanya tindakan pengendalian untuk menjaga stabilitas sistem kelistrikan yang terpakai pada penggunaan energi listrik di rumah tangga. Sistem pengendali otomatik yang diterapkan untuk mengontrol beban lebih listrik telah dirancang berbasis Arduino Uno. Dalam melakukan take over/pengendalian, sistem terbagi atas stasiun master dan stasiun slave. Stasiun master dilengkapi: Arduino uno, Sensor Arus ACS712, Radio Frekuensi (RF) 433 MHz. Stasiun master berfungsi sebagai pusat pengendalian dan pemantauan stasiun slave. Sedangkan stasiun slave yang dilengkapi oleh: Arduino uno, relay module dan Radio Frekuensi (RF) 433 MHz, yang berfungsi sebagai eksekutor take over beban listrik dengan aksi on-off pada beban listrik yang berlebih. Stasiun master memonitor penggunaan beban melalui sensor arus ACS712 dan mengirimkan sinyal data beban lebih melalui Radio Frekuensi (RF) 433 MHz dan stasiun slave akan melakukan perintah dari stasiun master untuk memutus beban. Proses pengalokasian energi listrik ini akan mengendalikan penggunaan energi listrik yang berlebih pada rumah tangga.

    Kata kunci - Pengendali Adaptif; Microcontroller; Stabilitas Jaringan; Sensor; Listrik Rumah Tangga



References


Supratman, (2010): Rancang Bangun Sistem Pengukuran Energi Meter Berbasis Mikrokontroler Dan Energi Meter Mcp3909. Universitas Indonesia.

Ilham, J., Sumardi, Setiawan, I., (2011): Perancangan Sistem Pengendalian Penjadwalan Lampu Ruangan Berdasarkan Database melalui Komunikasi Wireless Zigbee, Thesis (Undergraduate).

Banzi, (2011): Getting Started With Arduino, O’Rielly Media Inc., California.

Setiono, A. (2009): Prototipe Aplikasi KWh Meter Digital Menggunakan Mikrokontroler ATMEGA8535 untuk Ruang Lingkup Kamar, Jurnal Ilmu Pengetahuan Dan Teknologi TELAAH, 26(November), pp.32–39.

Wardhana, A.M.K., Asijah, A.S., Suwito, (2012): Perancangan Sistem Komunikasi Wireless Pada Kapal (MCST1- Ship Autopilot) Dengan Media Komunikasi RF Untuk Mendukung Sistem Autopilot, Thesis (Undergraduate).




DOI: https://doi.org/10.33387/protk.v3i1.34

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Suhendar Suhendar, Anggoro Suryo Pramudyo, Pances Pances Pakpahan





Editorial Office :
PROtek : Jurnal Ilmiah Teknik Elektro
Department of Electrical Engineering. Faculty of Engineering. Universitas Khairun.
Address: Jusuf Abdulrahman 53 Gambesi, Ternate City, Indonesia.
Email: protek@unkhair.ac.id, WhatsApp: +6282292852552
Creative Commons License This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

View Stat Protek