Sistem Penyambungan dan Pengukuran Kabel Fiber Optik Menggunakan Optical Time Domain Reflectometer (OTDR) pada PT.Telkom Kandatel Ternate

Iswan Umaternate, M Zen Saifuddin, Hidayat Saman, Rintania Elliyati N

Sari


Serat optik merupakan media transmisi yang menggunakan media cahaya sebagai penyalur informasi (data) yang menawarkan kecepatan data yang lebih besar sepanjang jarak yang lebih jauh. Sistem komunikasi serat optik dengan cepat mampu bersaing menggantikan sistem-sistem lain dengan keunggulan yang dimilikinya yaitu memiliki bandwith yang besar, redaman transmisi kecil, ukuran kecil, kemudahan penambahan kapasitas, performansi yang lebih baik, tingkat ketersediaan yang tinggi dan jaringan transport yang handal. Keunggulan serat optik dalam mentransmisikan data dalam kapasitas yang besar tidak terlepas dari beberapa kendala yang dapat mengakibatkan terganggunya proses transmisi. Transmisi dengan menggunakan kabel optik mengalami banyak redaman. Pada dasarnya redaman di dalam serat optik disebabkan oleh redaman kabel serat optik yang digunakan, redaman konektor ataupun redaman sambungannya. Beberapa redaman tersebut akan berpengaruh terhadap proses transmisi itu sendiri. Oleh karena itu untuk mengoptimalkan jaringan kabel serat optik yang terpasang, diperlukan sebuah alat yang digunakan untuk memonitor seberapa besar redaman yang terjadi di sepanjang saluran kabel optik yang dinamakan dengan OTDR (Optical Time Domain Reflectometer). Dalam Kerja Praktek ini penulis mempelajari tentang penyambungan menggunakan metode fusion plice dan pengukuran kabel serat optik dengan OTDR untuk Kota Ternate dan menghitung power loss redaman perkilometernya. Kata kunci - Sistem Komunikasi Serat Optik, Penyambungan Serat Optik dan Pengukuran Redaman.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


D. Setiawan, “Perambatan Cahaya Pada Pandu Gelombang Makro Berbentuk Trapesium,” pp. 12–15, 2011.

S. ko. Halim A, “Cermin datar • Hukum pemantulan:,” no. 2, pp. 1–4, 2009.

B. Ananto, “Simulasi Perambatan Cahaya Pada Serat Optik,” J. Tek. Eektro Fak. Tek. Univ. Diponegoro, pp. 1–9, 2005.

T. B. Santoso, “Analisis Kualitas Tinjauan Literatur SKSO,” pp. 8–11, 2010.

S. Z. WATI, “ANALISIS PERLUASAN JARINGAN SERAT SERAT OPTIK DI UNIVERSITAS INDONESIA,” 2009.

F. U. Auzaiy, “Analisis Power Budget Sistem Komunikasi Serat Optik,” 2008.

A. Dioda, L. E. Diode, and K. Kunci, “Light Emiting Diode ( LED ) Sebagai Sumber Cahaya Pada Sistem Komunikasi Serat Optik,” pp. 1–22.

L. Kurniawati, “Pengaruh Pncahayaan LED,” pp. 27– 47, 2008.

F. Habib, N. Tjahjamooniarsih, and F. T. P. W, “Analisa Rugi-Rugi Serat Optik Menggunakan Optical Time Domain Reflectometer Dengan Aplikasi AQ77932 Emulation.”




DOI: http://dx.doi.org/10.33387/protk.v3i1.39

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Editorial Office :
Program Studi Teknik Elektro. Fakultas Teknik. Universitas Khairun
Jl. Raya Pertamina - Gambesi Kec. Ternate Selatan Kota Ternate, Indonesia. 
Email : protek@unkhair.ac.id

Copyright @2016 PROtek : Jurnal Ilmiah Teknik Elektro p-ISSN 2354-8924 | e-ISSN 2527-9572

Creative Commons License

 View PROtek Stats