Rancang Bangun Sistem Rekomendasi Obyek Wisata Menggunakan Metode Algoritme vfi5 (Voting Feature Interval-5)

Sitna Hajar Hadad

Abstract


Informasi obyek wisata mengandung berbagai aspek yang terkait dengan layanan yang akan diterima oleh calon wisatawan, seperti kelengkapan fasilitasi kunjungan, kemudahan akses obyek wisata, dan lain sebagainya. Oleh karena itu, pada penelitian ini metode algoritme VFI5 diterapkan dalam membangun sistem rekomendasi pariwisata (obyek wisata) untuk menangani aspek-aspek yang terkait dalam penilaian obyek wisata. Dari hasil analisis algoritme VFI5 didapatkan karakteristik algoritme tersebut dalam menghasilkan rekomendasi obyek wisata.

Hasil evaluasi sistem, dengan uji banding perhitungan menunjukan bahwa algoritme VFI5 dapat memberikan nilai prediksi yang sesuai untuk direkomendasikan. Untuk hasil evaluasi pengguna atau web aplikasi ini menunjukan nilai kebergunaanya (usability) untuk mengetahui nilai penerimaan dari pengguna. Hasil pengujian tersebut menunjukan bahwa aplikasi yang dibangun memiliki nilai rata-rata penerimaan dari pengguna sebesar 4. Nilai tersebut menunjukan bahwa aplikasi cukup mudah digunakan.




DOI: https://doi.org/10.33387/protk.v4i2.395

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Sitna Hajar Hadad





Editorial Office :
PROtek : Jurnal Ilmiah Teknik Elektro
Department of Electrical Engineering. Faculty of Engineering. Universitas Khairun.
Address: Jusuf Abdulrahman 53 Gambesi, Ternate City, Indonesia.
Email: protek@unkhair.ac.id, WhatsApp: +6282292852552
Creative Commons License This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

View Stat Protek