Perancangan Jaringan FTTB di Telkom DDS Bandung Sebagai Sistem Layanan GPON

Muhammad Bagus Samudra, Arsyad Ramadhan Darlis

Sari


Teknologi fiber optik telah berkembang dengan pesat, salah satunya adalah teknologi GPON (Gigabit passive optical network) yang dapat memberikan layanan telekomunikasi dengan bandwidth yang besar dan berkecepatan tinggi. Fiber To The Building (FTTB) adalah salah satu penerapan teknologi GPON dimana fiber optik didistribusikan ke gedung-gedung. Untuk memberikan layanan GPON dari sumber layanan ke pelanggan diperlukan informasi mengenai topologi FTTB pada suatu jaringan agar diketahui penjaluran kabelnya pada setiap perangkat yang terpasang. Maka dari itu, topologi FTTB merupakan salah satu hal yang penting untuk memudahkan  teknisi ketika harus melakukan sambungan antar perangkat pada jaringan. Pemberian layanan GPON dari sumber akan melewati satu jalur optik yang akan melewati beberapa perangkat pada port yang sesuai hingga mencapai pelanggan. Sambungan yang berhasil dapat dilihat pada indikator lampu yang ada pada ONT. Warna lampu akan berubah menjadi hijau ketika ONT telah terhubung dengan layanan GPON.

Kata Kunci


fttb;topologi;ont

Teks Lengkap:

pdf

Referensi


Aulia, W. (2012). Teknologi dan Implementasi FTTx. Semarang: Tidak Diterbitkan.

Bella, A. (2013). Perancangan Arsitektur Jaringan FIber To the Building (FTTB) dengan Teknologi Gigabit Ethernet Passive Optical Network (GEPON) di National Brain Center Cawang. Bandung: Tidak Diterbitkan.

Dermawan, B. (2016). Analisis Jaringan FTTH (Fiber To The Home) Berteknologi GPON (Gigabit Passive Optical Network). Transmisi.




DOI: http://dx.doi.org/10.33387/protk.v5i1.470

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Editorial Office :
Program Studi Teknik Elektro. Fakultas Teknik. Universitas Khairun
Jl. Raya Pertamina - Gambesi Kec. Ternate Selatan Kota Ternate, Indonesia
 
Email : protek@unkhair.ac.id

 View PROtek Stats