Perancangan Jaringan FTTB di Telkom DDS Bandung Sebagai Sistem Layanan GPON

Muhammad Bagus Samudra, Arsyad Ramadhan Darlis

Abstract


Teknologi fiber optik telah berkembang dengan pesat, salah satunya adalah teknologi GPON (Gigabit passive optical network) yang dapat memberikan layanan telekomunikasi dengan bandwidth yang besar dan berkecepatan tinggi. Fiber To The Building (FTTB) adalah salah satu penerapan teknologi GPON dimana fiber optik didistribusikan ke gedung-gedung. Untuk memberikan layanan GPON dari sumber layanan ke pelanggan diperlukan informasi mengenai topologi FTTB pada suatu jaringan agar diketahui penjaluran kabelnya pada setiap perangkat yang terpasang. Maka dari itu, topologi FTTB merupakan salah satu hal yang penting untuk memudahkan  teknisi ketika harus melakukan sambungan antar perangkat pada jaringan. Pemberian layanan GPON dari sumber akan melewati satu jalur optik yang akan melewati beberapa perangkat pada port yang sesuai hingga mencapai pelanggan. Sambungan yang berhasil dapat dilihat pada indikator lampu yang ada pada ONT. Warna lampu akan berubah menjadi hijau ketika ONT telah terhubung dengan layanan GPON.

Keywords


fttb;topologi;ont

References


Aulia, W. (2012). Teknologi dan Implementasi FTTx. Semarang: Tidak Diterbitkan.

Bella, A. (2013). Perancangan Arsitektur Jaringan FIber To the Building (FTTB) dengan Teknologi Gigabit Ethernet Passive Optical Network (GEPON) di National Brain Center Cawang. Bandung: Tidak Diterbitkan.

Dermawan, B. (2016). Analisis Jaringan FTTH (Fiber To The Home) Berteknologi GPON (Gigabit Passive Optical Network). Transmisi.




DOI: https://doi.org/10.33387/protk.v5i1.470

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Muhammad Bagus Samudra, Arsyad Ramadhan Darlis





Editorial Office :
PROtek : Jurnal Ilmiah Teknik Elektro
Department of Electrical Engineering. Faculty of Engineering. Universitas Khairun.
Address: Jusuf Abdulrahman 53 Gambesi, Ternate City, Indonesia.
Email: protek@unkhair.ac.id, WhatsApp: +6282292852552
Creative Commons License This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

View Stat Protek