Orang Kristen dalam Kontestasi Politik Indonesia: Parkindo, 1945-1973

Petra Wahyu Utama

Sari


Abstrak

Artikel ini membahas tentang kiprah tokoh-tokoh Kristen yang berkecimpung dalam politik yang kemudian diwadahi dalam sebuah partai yakni Parkindo. Penelitian yang dilakukan dengan menggunakan metode sejarah ini mendapati bahwa sejak Indonesia merdeka, dinamika politik tidak mungkin terlepas dari perjuangan dari para tokoh yang menggunakan basis pada keagamaan. Umat Kristen rupanya ikut berpartispasi dengan menggunakan gerbong Parkindo dengan tujuan untuk mempertahankan dan memelihara kemerdekaan Indonesia. Meskipun minoritas, umat Kristen ternyata juga menjadi ceruk suara dengan basis dukungan yang tersebar di beberapa wilayah di Indonesia. Potensi ini kemudian menghantarkan para kader Parkindo untuk masuk ke dalam jajaran eksekutif maupun legislatif.

 

Kata Kunci: Parkindo, Kristen, Politik

 

Abstract

This article discusses the work of Christian figures who are involved in politics which are then accommodated in a party, namely Parkindo. Research conducted using this historical method found that since Indonesia's independence, political dynamics could not be separated from the struggles of figures who used religious bases. Christians apparently participated by using Parkindo carriages with the aim of maintaining and maintaining Indonesian independence. Although a minority, Christians have also become a niche voice with a support base spread across several regions in Indonesia. This potential then led Parkindo cadres to enter the executive and legislative ranks.

 

Keyword: Parkindo, Christian, Politics


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Ardanareswari, Indira, ”Sejarah Pemilu 1977: Taktik Fusi Parpol ala Soeharto dan Orde Baru”, https://tirto.id/sejarah-pemilu-1977-taktik-fusi-parpol-ala-soeharto-orde-baru.

Aritonang, Jan S., "Minat dan Pilihan Politik Orang Kristen Indonesia 1955-2009 Sebuah Kajian Historis-teologis", Jurnal STFTWS, Volume 9 Nomor 2, 2009 (Sekolah Tinggi Filsafat Teologi Widya Sasana, Malang).

Danang Martinus, "Pemilu 1971: Pemilu Pertama Orde Baru dan Awal Dominasi Golkar", https://kompaspedia.kompas.id/.

Darmansyah, dkk., Johannes Leimena: Mutiara dari Maluku (Jakarta: Museum Sumpah Pemuda, 2006).

Feith Herbert, Pemilihan Umum 1955 di Indonesia (Jakarta: Kepustakaan Populer Gramedia, 1999).

Hakh, Samuel Benyamin, "Peranan Orang Kristen dalam Pusaran Politik di Indonesia: Suatu Tinjauan Historis-Teologis", Jurnal Ilmiah Musik dan Agama, Volume 2 Nomor 1, 2018 (Sekolah Tinggi Teologi Wesley Methodist Indonesia).

Hastono Giri, "Dominasi ABRI dalam Politik dan Pengaruhnya terhadap Dewan Perwakilan Rakyat, Studi Tahun 1965-1985" (Skripsi Jurusan Ilmu Hukum UNAIR, 1987).

Keppres No. 128 Tahun 1961 Tentang Mengakui sebagai Partai Sebagaimana Dimaksud dalam Pasal 4 Penetapan Presiden Nomor 13 Tahun 1960.

KPU, "Sejarah Lembaga Penyelenggara Pemilu", https://kota-ambon.kpu.go.id/page/read/32/sejarah-lembaga-penyelenggara-pemilu#:~:text=Hal%20itu%20dicantumkan%20dalam%20Maklumat,akan%20diselenggarakan%20bulan%20Januari%201946.

Ngelow, Zakaria J., Kekristenan dan Nasionalisme (Jakarta: Gunung Mulia, 1996).

Polin, Pavel Paulus, "Parkindo: Lika-liku Partai Kristen dalam Dunia Politik Indonesia", https://narasisejarah.id/parkindo-lika-liku-partai-kristen-dalam-dunia-politik-indonesia/.

Sajili Hasan, “Gerakan Pemuda Islam Indonesia pada Masa Demokrasi Terpimpin (1959-1963) Tuduhan Kontra Revolusi dan Pembubarannya" (Skripsi Jurusan Sejarah Universitas Indonesia, 2000).

Salam, Sholichin, Sedjarah Partai Muslimin Indonesia (Jakarta: Lembaga Penjelidikan Islam Djakarta, 1970).

Tim Redaksi, "Fusi Partai Politik 1973", https://www.kompas.com/fusi-partai-1973.

Ward, Ken, The Foundation of Partai Muslimin Indonesia (Jakarta-Kuala Lumpur: Equinox Publishing, 1970).


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.