ANALISIS TATANIAGA SAYURAN SAWI DI KOTA TERNATE

Fatmawati Kaddas, Firlawanti Lestari Baguna

Sari


Tujuan penelitian yang dicapai adalah untuk menganalisis saluran dan efisiensi tataniaga sayuran sawi di  Kota Ternate. Penelitian berlangsung pada bulan Juli sampai September 2019 pada sentra pertanian sayuran kelompok tani tanjung Selatan dan kelompok tani Masure di Kecamatan Ternate Selatan  Kota Ternate. Pengambilan sampel dilakukan secara keseluruhan pada ke dua  kelompok tani sebanyak 17 orang petani, 4 responden pedagang pengumpul dan pedagang pengecer 8 responden. Menganalisis dengan menggunakan análisis efisiensi pemasaran  antaranya analisis saluran pemasaran, margin pemasaran, farmer’s share dan efisiensi pemasaran.  Hasil penelitian diperoleh  2 pola saluran pemasaran sayuran sawi, dengan nilai margin  pola pemasaran I antara pedagang pengumpul dengan petani  sebesar Rp1.000/Ikat Sedangkan  margin pemasaran dari Pedagang pengumpul dengan  pengecer mendapatkan selisih harga Rp3.000/ikat. Hasil analisis farmer’s share pada saluran pemasaran 1 dengan nilai rata-rata adalah 100% dan pada saluran pemasaran 2  adalah 60 %, pemasaran sayuran sawi di kota ternate dinyatakan efisien karena memiliki nilai persentasi farmer’s share yang tinggi dan nilai efisiensi pemasarannya.

Kata Kunci :  Tataniaga, Margin Pemasaran, Sayuran Sawi


Teks Lengkap:

PDF 126-131

Referensi


Agustian, Adang dan Iwan Setiajie Anugrah, 2008. Hasil Penelian Analisis Perkembangan Harga dan Rantai Pemasaran Komoditas Cabai Merah di Provinsi Jawa Barat. Pusat Analisis Sosial Ekonomi dan Kebijakan Pertanian, Bogor.

Badan Pusat Statistik Pertanian Hortikutura Sayuran Dan Buah-buahan, 2018. Maluku Utara Dalam Angka.

Elly Jumiati, 2013. Analisis Saluran Pemasaran dan Margin Pemasaran Kelapa Dalam Di Daerah Perbatasan Kalimantan Timur. Jurnal AGRIFOR Volume XII Nomor 1, Maret 2013. Diakses pada tanggal 03 maret 2019.

Elisa, Hadayani, Efendy, 2016. Analisis Pemasaran Usahatani Tomat Keluarahan Boyaoge Kecamatan Tatanga Kota Palu. Jurnal J Agroland 23 (1) (April 2016). ISSN 0854-641X. E-ISSN 2407-7607.

Gemilang Suryonugroho, 2016. Analisis Efesinsi Saluran Pemasaran Kangkung Organik Di Kabupaten Bogor. Skripsi. Departemen Agribisnis Fakultas Ekonomi dan Manajemen Institut Pertanian Bogor, Bogor.

Kountur, Ronny, 2003. Metode Penelitian Untuk Penulisan Skripsi dan Tesis. PPM, Jakarta.

Nur widiastuti, Harisudin, 2013. Saluran dan Margin Pemasaran Jagung di kabupaten Grobogan. Jurnal SEPA, Volumen 9 Nomor 2 , Februari 2013. ISSN 1829-9946.

Rasuli N., Muh. Amir S., Kartika Ekasari, 2007. Analisis Margin telur itik dikelurahan Borongloe, Kecamatan Bontomarannu kabupaten Gowa. Jurnal Agrosistem, Volume 3 No 1, ISSN: 1858-4330.

Suratiyah Ken, 2015. Ilmu Usahatani. Penebar Swadaya, Jakarta.

Wawan Cahyono, 2013. Analisis Efisiensi pemasaran Sayuran Wortel Di Sub Terminal Agribisnis Kabupaten Karanganyer. Jurnal agribusiness Review Volume 1 nomor 1 (Desember 2013). ISSN 2354-8320.

Widiastuti N, 2012. Tataniaga Jagung di Kabupaten Grobogan. Tesis Program Pasca Sarjana, Universitas Sebelas Maret, Surakarta.

Y. Khairi, 2017. Analisis Efesiensi Pemasaran Sayuran Daun Di Giant Ekstra Botanical Square Kota Bogor. Jurnal AgribiSains ISSN 2550-1151 Volume 3 Nomor 2 Oktober 2017.

Yusniawati Kai, Malhludin, Wawan K Tolinggi, 2016. Analisis Distribusi dan Margin Pemasaran Usahatani Kacang tanah di Kecamatan Pulubala Kabupaten Gorontalo. Jurnal Ilmiah Agribisnis AGRINESIA Volume 1, Nomor 1 November 2016. ISSN: 2541-6847


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.