KETUNTASAN BELAJAR IPA BIOLOGI MENGGUNAKAN METODE ROLE PLAYING DI SMP KRISTEN MOTOLING

Meike Paat, Femmy Roosje Kawuwung

Sari


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui optimalisasi kegiatan belajar tuntas IPA Biologi melalui metode role playing; Untuk mendorong terciptanya keinginan/ sikap siswa untuk dapat mengembangkan kapasitas mereka dalam bidang biologi. Karena ketika seorang guru/pengajar ingin berhasil dalam proses pembelajaran biologi, maka salah satu metode pembelajaran yang dapat digunakan adalah role playing. Dimana salah satu kegunaan dari metode role playing adalah dengan melakukan peran suatu kasus pada materi pelajaran yang sedang dibahas maka siswa dapat menghayati kejadian itu, sehingga pemahaman dan sikap mereka terhadap mata pelajaran biologi semakin meningkat. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan subyek penelitian adalah siswa kelas VIII SMP Kristen Motoling dengan jumlah siswa 32 orang. Dan dilaksanakan 3 siklus. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini; ketuntasan belajar klasikal sebesar 92% dengan nilai rata-rata 8.1 dengan demikian ketuntasan belajar melalui proses pembelajaran menggunakan metode role playing dapat tercapai.

Kata kunci: ketuntasan belajar, biologi, role playing


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Anang , P. 2001. Buletin Pelangi Pendidikan. Volume 4.

Adam, A dan Mbimujo, S. 1990. Games and Role Playing. Harare. Generator.

Bates, AW. 2008. The Defin, isionm and DomainTecnology Opening Learning and Distantance Education. London: Routledge, The Defin, ision an Domain.

Depdikbud. 1997. Petunjuk Pelaksanaan Proses Belajar Mengajar. Surabaya: Kanwil Depdikbud Propinsi Jatim.

Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi Departemen P dan K Jakarta. 1998. Jurnal Penelitian Pendidikan Dasar Proyek Pendidikan Guru SD. Jakarta.

Kristiani, N. 1999. Metode Simulasi Melalui Kegiatan Bermain Peran; Pembelajaran Konsep Sintesis Protein Pada Siswa SMU. Jurnal Gentengkali, 3.

Pidarata, M. 1990. Cara Belajar Mengajar Di Universitas Negara Maju. Bumi Aksara. Jakarta.

Sumadi, S. Metodologi Penelitian. Universitas Gadjah Mada Yogyakarta. Yogyakarta.

Suparwoto. 2000. Cakrawala Pendidikan Majalah Ilmiah Kependidikan. LPM. Universitas Negeri Yogyakarta. Yogyakarta.

Depdiknas. 2001. Kurikulum Berbasis Kompetensi Mata Pelajaran Biologi. Jakarta: Badan Penelitian dan Pengembangan Pusat Kurikulum.

Mulyasa, E. 2009. Kurikulum Yang Disempurnakan, Pengembengan Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar. Bandung: PT Remaja Rosda Karya.

Prasetya Suciati. 2001. Teori Belajar dan Motivasi. Jakarta: PAU P2AI.

Siregar Eveline dan Hartini Nara. 2010. Teori Belajar dan Pembelajaran. Bogor: Ghalia Indonesia.

Seels Barbara, B & Rita C. Richey. 1994. Instructional Technology: The Definition and Domains of the Field. Bloomington: Association for Educational Communications and Tecnonology.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.