PEMBERDAYAAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS DAN METAKOGNISI SISWA MADRASAH IBTIDAIYAH (MI) MULTIETNIS MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PEMBERDAYAAN BERPIKIR MELALUI PERTANYAAN (PBMP)

Ade Haerullah

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui potensi model pembelajaran berpola Pemberdayaan Berpikir Melalui Pertanyaan (PBMP) dalam memberdayakan keterampilan berpikir kritis dan metakognisi siswa. Lebih lanjut penelitian ini ditujukan untuk mengetahui perbedaan keterampilan berpikir kritis dan metakognisi siswa dengan etnis yang berbeda terkait dengan model pembelajaran yang diterapkan. Penelitin ini tergolong quasi experiment, dilaksanakan pada tahun ajaran 2017/2018 di kelas V pada dua Madrasah Ibtidaiyah yang tergolong sekolah Madrasah multietnis di Kota Ternate. Variabel yang diukur dalam penelitian ini adalah keterampilan berpikir kritis dan Metakognsi siswa. Untuk menguji hipotesis, dilakukan dengan Anakova dalam program SPSS 16.0. Apabila nilai probabilitinya signifikan, maka dilakukan uji lanjut dengan LSD. Hasil analisis data menunjukkan bahwa model pembelajaran berpengaruh terhadap keterampilan berpikir kritis dan metakognisi siswa dan atau dapat dikatakan bahwa model pembelajaran berpola PBMP lebih berpotensi untuk memberdayakan keterampilan berpikir kritis dan metakognisi siswa dibanding model konvensional. Terdapat perbedaan keterampilan berpikir kritis siswa antar etnis pada kelas yang diterapkan model pembelajaran PBMP, perbedaan tersebut terlihat pada hasil uji LSD yang menunjukkan bahwa keterampilan berpikir kritis pada etnis Ternate tidak berbeda nyata dengan etnis Makian tetapi berbeda nyata dengan etnis Tidore. Perbedaan tesebut dapat disimpulkan bahwa siswa pada masing-masing etnis memiliki gaya belajar yang berbeda-beda.

Kata kunci: multietnis, PBMP, metakognisi, berpikir kritis


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Abdullah, A. 2005. Pendidikan Multikultural. Pilar media. Yogyakarta.

Anderson. 2001. A Taxonomy for Learning, Teaching, and Assessing: A Revision of Bloom’s Taxonomy of Educational Objektives. A bridged Edition. David McKay Company,Inc., New York.

Arends. 2008. Learning To Teach. Terjemahan oleh Soecipto. Pustaka Pelajar, Yogyakarta.

Atjo, A. 2001. Orang Ternate dan Kebudayaannya. Jakarta: Cekoro.

Brown, A.L. 1987. Metaconition, executive control, self-regulation, and outher More Mysterius Mechanisms. Hillslade, NJ: Lawrence Erlbaum.

Corebima, A.D. 2010. Pemberdayaan Berpikir Melalui Pertanyaan (PBMP) Sebagai Alat Pembelajaran IPA Biologi Konstruktivis Untuk Meningkatkan Penalaran Siswa SLTP Di Jawa Timur. Laporan RUT VIII. Kantor Menteri Negara Riset Dan Teknologi.

Corebima, A.D. 2008. Metakognisi Suatu Ringkasan kajian. Makalah. Jogyakarta: Diklat Guru Mata Pelajaran Biologi.

Corebima, A.D. 2009. Rubrik Keterampilan Metakognisi yang Terintegrasi dengan Tes Essay, Rubrik MAI. Malang.

Darmadi. 2011. Membentuk Peradaban Bangsa Melalui Pendidikan Multi-Etnik.file:///C:/Users/Rizieq/Documents/REFERENSI/Pengajaran%20Multietnik/membentuk -peradaban-bangsa-melalui.html. On Line. Diakses tanggal 13 Pebruari 2012.

Eggen, P.D , & Kauchak, D.P. 1996. Strategi for Teacher: Teaching Content and Thinking. Skill. USA: Allyn & Bacon.

Fisher, A. 2008. Critical Thinking: An Introduction (Berpikir Kritis: Sebuah Pengantar) Erlangga. Jakarta.

Gay, G. 2002. The Nature of Metacognition and Its Measuring. Adaptive Technology Ressource Centri. On Line: http://www.Idrc.com/articels.the natur of metakognition.htm. diakses tgl 21 Desember 2010.

Grafura, L. 2007. Pembelajaran Berbasis Multikultural. http://lubisgrafura.com/2007/09/10/ pengajaran-berbasis-multikultural diakses padatanggal 12 Februari 2012.

Habibah, K. N. 2008. Pengaruh strategi Pembelajaran PBMP (Pemberdayaan Berpikir Melalui Pertanyaan)+TPS (Think Pair Share) terhadap Kemampuan Berpikir, Keterampilan Metakognitif, dan Pemahaman Konsep Siswa Kelas VII SMPN 4 IV Malang pada Kemampuan Akademik Berbeda. Skripsi tidak diterbitkan. Malang: Universitas Negeri Malang.

Haerullah A. 2012. Pengembangan Pertangkat Pembelajaran IPA Berpola Pemberdayaan Berpikir Melalui Pertanyaan (PBMP) dan Think Pair Share (TPS) pada Sekolah Multietnis dan Pengaruh Penerapannya terhadap Kesadaran Matakognisi, Keterampilan Metakognisi, Kemampuan Berpikir Kritis, dan Sikap Sosial Siswa SD Kota Ternate. Disertasi, Universitas Negeri Malang. Tidak dipublikasikan.

Haerullah, 2012. Potensi pembelajaran berpola pemberdayaan berpikir melalui pertanyaan (PBMP) dipadu think pair share (TPS) dalam upaya memberdayakan metakognisi siswa SD multietnis di Kota Ternate. Jurnal Bionature. Volume 13.Nomor 1 April 2012.

Hart, D. 1994. Authentic Assessment A Hand Book for Educators. California. New York: Addison-Wesley Publishing Company.

Hartati, T.A.W. 2010. Pengaruh Strategi Pembelajaran TPS yang dipadu PBMP Terhadap Keterampilan Metakognisi, Kemampuan Berpikir Kritis, dan Hasil Belajar Kognitif Siswa Kelas VIII SMPN 2 Singosari. Skripsi tidak diterbitkan. Malang. FMIPA UM.

Ibrahim, G.A. 2007. Dola Bololo: Budaya Berpikir Positif Masyarakat Ternate. Jurnal Ilmiah Tekstual Vol.5. No 7, april 2007. Fakultas Sastra dan Budaya Universitas Khairun Ternate.

Khan, S.A. 2008. An Experimentl Studi To Evaluation Effectivenass of Cooperative Learning Versus Traditional Learning Method. Disertasi Tidak Diterbitkan. International Islamic University.

Kusmarni. 2011. Pendidikan Multikultural. Suatu Kajian Tentang Pendidikan Alternatif Di Indonesia Untuk Merekatkan Kembali Nilai-nilai Persatuan, Kesatuan Dan Berbangsa di Era Global. Online.http:// www.scribd.com/doc/46941375/PendidikanMultikultural-Dalam Perspektif-Global.

Liliweri. A, 2009. Prasangka dan Konflik. Komunikasi Lintas Budaya Masyarakat Multikultural. LKiS Yogyakarta.

Lee, S.T. 2009. Examining the Relationship betwin Metacogniyion, Sel-Regulation, an Critical Thinking in Online Socratic Seminasr of High School Social Studies Student. Desertasi Tidak Diterbitkan: The University of Texas at Austin.

Maasawet E.T, 2009. Pengarug Strategi Pembelajaran Koopertif Snowballing dan number head together (NHT) pada sekolah Multietnis terhadap Kemampuan Berpikir Kritis, Hasil Belajar Kognitif Sains Biologi dan Sikap Sosial Siswa SMP Samarinda. Disertasi tidak diterbitkan.

Maududi M.A. 2002. Pengaruh Penerapan Pembelajaran Pola Pemberdayaan Berpikir Melalui Pertanyaan (PBMP) Terhadap Keaktifan dan Hasil Belaiar Siswa. Skripsi. Tidak Diterbitkan. Malang: FMIPA Univesitas Negeri Malang.

Maslikhah, 2007. Quo Vadis, Pendidikan Multikultu, Rekonstruksi Sistem Pendidikan Berbasis Kebangsaan. Surabaya. Stain Salatiga Press.

Mulyati, Yayuk. 2006. Penerapan Pemberdayaan Berpikir Melalui Pertanyaan (PBMP)dengan Metode TPS pada Matapelajaran Sains untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar siswa Kelas IV MI Jenderal Sudirman Malang. Skripsi tidak diterbitkan. Universitas Negeri Malang.

Parekh.2008. Rethinking Multiculturalism. Keberagaman Budaya dan Teori Politik. Yogyakarta. Kanisius.

Suyanik. 2010. Pengaruh Penerapan Pola Pemberdayaan Berpikir Melalui Pertanyaan (PBMP) Dengan Model TPS dan Strategi ARIAS Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Dan Hasil Belajar Kognitif pada Siswa Kelas X SMA Laboratorium Malang. Tesis yang tidak diterbitkan.

Zubaidah, S. 2001. Implementasi Pembelajaran IPA Biologi dengan PBMP (Pemberdayaan Berpikir Melalui Pertanyaan) Makalah disampaikan pada Pelatihan dan Lokakarya PBMP (Pemberdayaan Berpikir Melalui Pertanyaan) di Universitas Negeri Malang. 31 Agustus-1 September 2001.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.